6 Manfaat Kayu Manis yang Perlu Anda Ketahui

Torie Natalova    •    Senin, 29 May 2017 09:00 WIB
kesehatan
6 Manfaat Kayu Manis yang Perlu Anda Ketahui
Kayu manis juga kaya antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan molekul berbahaya lainnya. (Foto: Tweeting.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma kuat. Banyak orang yang menyukai aromanya, tapi tak sedikit juga yang tidak menyukai aroma kayu manis.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang tidak menyukai aromanya, cobalah untuk mengetahui beberapa manfaat mengejutkan dari kayu manis untuk kesehatan Anda seperti berikut ini.



(Baca juga: Selain Cegah Diabetes, Kayu Manis juga Punya 6 Manfaat Ini)

1. Anti bakteri, anti jamur dan anti virus
Kayu manis telah dipelajari kemampuannya dapat menghentikan pertumbuhan bakteri dan juga jamur. Cinnamaldehyde, komponen aktif utama dalam kayu manis dianggap sebagai sumber kapasitas melawan infeksi dan efek antibakteri telah digunakan untuk melawan listeria dan salmonella.

2. Membantu mengurangi peradangan
Cinnamyl alcohol, kandungan dalam kayu manis dapat melawan sakit radang sendi, sakit kepala atau pembengkakan dan peradangan lainnya di tubuh. 

Komponen penting tersebut berkontribusi terhadap pelepasan histamin yang telah ditunjukkan di beberapa penelitian laboratorium dapat memberikan efek anti peradangan.

Kayu manis merangsang sirkulasi yang membantu meredakan nyeri otot. Karena ramuan ini terasa panas, maka sangat bermanfaat untuk rasa sakit dan nyeri yang diperparah dengan cuaca dingin.



3. Meredakan nyeri haid

Nyeri haid tak selalu dirasakan oleh semua wanita. Rasa sakit atau tidak nyaman di perut ketika haid dapat mengganggu keseharian Anda. Kayu manis dapat mengurangi pendarahan berat selama haid yang umumnya berkaitan dengan meningkatnya rasa sakit dan kram.

4. Meningkatkan aktivitas otak
Kayu manis dapat membantu mempertahankan diri dari gangguan neurologis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Salah satu cara agar kayu manis melindungi fungsi kognitif dan kesehatan otak adalah karena mengaktifkan protein pelindung saraf yang melindungi sel otak dan mutasi serta mengalami kerusakan.

5. Menurunkan kadar gula darah
Meskipun kayu manis sering ditambahkan pada makanan manis seperti muffin, apple pie atau lainnya, kayu manis dapat digunakan untuk membantu menstabilkan dan menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Karenanya, kayu manis dapat berguna baik bagi penderita diabetes.

6. Membantu menjaga kebersihan mulut
Kayu manis terbukti bermanfaat untuk membantu menjaga kebersihan mulut dan gigi. Kayu manis dapat menghilangkan bakteri pada mulut. Kayu manis juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan bau mulut secara alami tanpa menambahkan bahan kimia ke tubuh.

Kayu manis juga kaya antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan molekul berbahaya lainnya. Makanan kaya antioksidan yang umum dikenal sepert gojiberi, bluberi dan cokelat hitam. Namun, kayu manis memiliki aktivitas antioksidan tertinggi.








(TIN)