Gangguan Kesehatan Mulut, Salah Satu Penyebab Sulit Hamil

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 23 May 2017 09:53 WIB
tips kesehatan
Gangguan Kesehatan Mulut, Salah Satu Penyebab Sulit Hamil
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai cara dilakukan para paaangan untuk bisa memiliki momongan, seperti berhubungan badan saat masa subur, makan makanan bergizi, menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol, dan sabagainya; namun masih belum berhasil.

Selain masalah dari dalam tubuh, ternyata faktor luar seperti kebiasaan sehati-hari juga berpengaruh pada proses pembuahan. Apa sajakah itu?

1. Kebersihaan mulut yang buruk

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Periodontology menyebutkan bahwa wanita yang sedang melakukan perawatan kesuburan memiliki masalah gusi berdarah dan perasangan dalam mulut lebih banyak dibandingkan mereka yang melahirkan normal. Jadi, jika Anda jnhin memiliki pembuahan normal, rawatlah gigi sebaik mungkin dengan rajin menggosok gigi dan menggunakan benang gigi. Di sisi lain, kehamilan juga memengaruhi kesehatan gigi karena adanya perubahan hormon. Oleh karena itu, lebih baik kunjungi dokter gigi untuk mengetahui apakah penyebab masalah gigi Anda berhubungan dengan kehamilan.

2. Menggunakan pelumas

Penggunakan pelumas memang bisa mempermudah penetrasi dan memberi suasana baru dalam kehidupan seks. Namun, pelumas juga dapat membunuh sperma. Oleh karena itu, pilihlah pelumas yang aman untuk sperma dan kosultasikan terlebuh dulu dengan dokter.

3. Kekurangan asam folik

Banyak wanita yang tak menyadari hal ini. Folat adalah vitamin B komplek yang penting bagi tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang krusial bagi perkembangan janin. Minumlah suplemen asam folik bila Anda sedang berusaha mendapatkan momongan.

4. Terpapar cahaya buatan

Sebuah penelitian dari jurnal Fertility and Sterility memyebutkan bahwa paparan cahaya buatan di malam hari dapat memberi pengaruh buruk pada kemampuan pembuahan dan perkembangan janin saat hamil. Hal ini dikarenakan cahaya tersebut dapat menekan melantonin, hormon yang memengaruhi tidur dan melindungi sel telur dari kerusakan karena radikal bebas selama ovulasi.

5. Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan seperti antidepresan dan penyeimbang suasana hati secara teratur dapat memengaruhi sekreai prolaktin dan memengaruhi ovulasi. Oleh karena itu, konsultasikan pada dokter perihal pengobatan mental saat Anda ingin hamil.

6. Makan makanan cepat saji

Nutrisi yang paling Anda butuhkan untuk mempercepat kehamilan adalah besi, asam folat, vitamin B6 dan D, lemak tunggal tak jenuh, dan nutrisi makro dan mikro. Makan makanan cepat saji jelas tak memenuhi kebutuhan tersebut karena mengandung banyak lemak jenuh dan kalori yang dapat menganggu fungsi hormon reproduksi progesteron dan estrogen pada wanita dan testosteron pada pria.


(DEV)