Atasi Stres dengan Segelas Air Hangat dan Lemon

Torie Natalova    •    Rabu, 02 Aug 2017 12:21 WIB
makanan sehatstres
Atasi Stres dengan Segelas Air Hangat dan Lemon
Atasi Stres dengan Segelas Air Hangat dan Lemon (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stres dapat terjadi pada siapa saja, terutama mereka yang bekerja. Saat stres, tak hanya pekerjaan saja yang terganggu melainkan juga kesehatan Anda. Mulai dari penyakit kehilangan ingatan, nyeri otot, sakit perut bahkan flu.

Selain bersantai, makanan juga dapat membantu Anda melepaskan stres. Beberapa makanan ini dapat mengurangi atau bahkan mengatasi stres.

1. Oatmeal dan kacang kenari
Gandum dapat membantu menstabilkan suasana hati Anda karena kandungan vitamin B di dalamnya. Tambahan buah beri seperti stroberi dan blueberi dapat memberikan vitamin C yang baik untuk menjaga tubuh dari stres. Kacang kenari dikemas dengan omega-3 yang membantu meningkatkan mood.

2. Pisang almond
Pisang kaya dengan vitamin B6, sedangkan almond mengandung protein dan lemak sehat yang baik untuk menstabilkan gula darah.

3. Air hangat dan lemon
Minuman ini sangat baik dikonsumsi pagi hari. Air merangsang usus Anda untuk memindahkan sampah dari tubuh Anda. Menambahkan lemon membuat tubuh menjadi asam yang dibutuhkan untuk membantu Anda bangun dan memulai hari dengan jernih.

4. Tiram
Tiram kaya akan selenium antioksidan yang dapat mengubah sistem kekebalan tubuh saat Anda stres. Stres menyebaban peningkatan kadar kortisol yang pada akhirnya menekan kemampuan sistem kekebalan untuk melawan antigen dan infeksi.

5. Ubi manis dan minyak kelapa
Ubi mengandung antioksidan tinggi yang membantu melawan radikal bebas. Manis alami dari ubi dapat mengurangi keinginan Anda menambahkan gula yang tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

6. Kacang mete
Kacang ini mengandung magnesium dan triptofan yang membantu Anda lebih rileks, meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat stres.

7. Telur rebus
Kuning telur mengandung banyak kolin, nutrisi penting yang mendukung ingatan. Selain itu, kuning telur juga mengandung tirosin, asam amino yang membantu meningkatkan kewaspadaan dan ingatan.

8. Teh hijau dan chamomile
Segelas teh hijau atau chamomile tanpa kafein dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Teh hijau mengandung asam amino theanine yang dipercaya dapat lebih meningkatkan relaksasi di tubuh saat stres.


(ELG)