Studi: Penikmat Kopi Hitam Cenderung Orang yang Psikopat

Yatin Suleha    •    Rabu, 02 Aug 2017 09:00 WIB
kopipsikologi
Studi: Penikmat Kopi Hitam Cenderung Orang yang Psikopat
Studi terbaru dari the University of Innsbruck di Austria menemukan bahwa mereka penyuka kopi hitam memiliki kecenderungan sadis atau psikopat. (Foto: Cassidy Kelley/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda penyuka Latte, Cappuccino, atau kopi hitam yang pahit? Studi terbaru mengatakan bahwa mereka yang menyukai kopi hitam memiliki tendensi kesadisan. Namun. apakah benarkah demikian?

Studi terbaru dari the University of Innsbruck di Austria menemukan bahwa mereka penyuka kopi hitam memiliki kecenderungan sadis atau psikopat.



Studi yang dilakukan terhadap lebih dari 1.000 orang dewasa tentang kegemaran kopi dirilis dalam the journal Appetite. 

Mereka menjalani empat jenis tes kepribadian yang berbeda dan dinilai dengan tes "The Machiavellian test" yang juga akan menganalisis hal lainnya seperti nasistik, psikopat, sadisme, dan agresi.

Para peneliti menemukan tren yang mensugesti korelasi antara kegemaran akan kopi hitam, dan rasa pahit lainnya, dengan sadistis atau ciri-ciri kepribadian psikopat. 

Mereka juga menemukan bahwa mereka yang menyukai gula atau susu, dan rasa manis lainnya cenderung mempunyai kepribadian yang kooperatif, simpati, juga rendah hati.

(Baca juga: Perasa pada Kopi Tambah Kalori dalam Tubuh)

Tidak setuju dengan hal di atas?

Walau dalam studi di atas terasa "tidak benar" bagi mereka para penyuka kopi hitam, faktanya memang tidak semua psikopat juga menyukai kopi hitam. 



Ini karena kopi hitam juga baik untuk kesehatan, dan mereka yang menyukai kopi hitam tanpa gula dan krim dapat saja mempertimbangkan kesehatan soal kalori yang terkandung di dalamya. Sehingga mereka menghindari untuk memakai gula dan krim.

Pilihan akan kesukaan kopi juga secara intens dipengaruhi oleh budaya dan pengalaman personal-yang tidak sepenuhnya merupakan ciri dari kepribadian seseorang.









(TIN)