6 Hal yang Memperparah Infeksi Jamur

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 13 Sep 2016 17:10 WIB
kesehatan
6 Hal yang Memperparah Infeksi Jamur
(Foto: Medical Daily)

Metrotvnews.com, Jakarta: Infeks jamur di area genital menyebabkan rasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas. Selain berkonsultasi dengan dokter, hindari kebiasaan yang bisa membuat infeksi menjadi lebih parah.

Berikut adalah enam hal membuat penyembuhan infeksi jamur semakin lama, seperti dilansir Prevention.

1. Memakai jeans ketat

Celana skinny yang sedang digandrungi anak muda ternyata memberi efek negatif bagi kesehatan.

"Kebanyakan perempuan yang mengalami infeksi jamur mengalami iritasi vulva. Memakai celana jeans ketat dapat meningkatkan iritasi tersebut," ujar Leah Millheiser, MD, direktur Klinik Pengobatan Seksual Wanita di Stanford University.

Celana jeans ketat juga menghambat aliran udara ke vagina. Akibatnya, ada peningkatan suhu genital sehingga menjadi lembab. Kondisi ini yang disukai jamur. Disarankan memakai celana longgar, setidaknya selama proses pengobatan.

(Foto: Terinfeksi Jamur Ini Bisa Sebabkan Kematian)

2. Berhubungan seks

Sebaiknya menunggu iritasi vulva sembuh sebelum berhubungan seks, jika tak ingin infeksi menjadi semakin parah.

"Jamur dapat ditularkan secara seksual pada pasangan," Millheiser memeringatkan.

Penggunaan kondom adalah salah satu cara untuk menghindari penularan jamur.

3. Membersihkan area genital

Vagina dapat 'membersihkan dirinya' secara alami.

"Jika perempuan menyemprot dengan air, akan terjadi perubahan keseimbangan jamur dan bakteri yang tak baik dalam vagina. Hal ini dapat mengembangkan infeksi jamur atau membuat jamur semakin eksis," papar Millheiser.

4. Mengenakan pakaian dalam yang salah

"Jamur berkembang dalam lingkungan yang hangat dan lembab," ujar Millheiser.

Memakai pakaian dalam yang menghambat sirkulasi udara meningkatkan risiko infeksi. Oleh karena itu, disarankan menggunakan bahan katun daripada sintetis. Perlu dicatat untuk segera mengganti pakaian jika sudah basah, lembab, dan tak nyaman dikenakan.

5. Konsumsi gula

Beberapa data menunjukkan, konsumsi gula dapat memperparah infeksi jamur. Disarankan menghindari gula sementara waktu untuk mempercepat penyembuhan.

6. Konsumsi karbohidrat

Sebuah studi yang diterbitkan jurnal PLoS One menemukan bahwa orang yang sering makan karbohidrat lebih rentan terkena infeksi jamur. Roti putih, pasta, dan sejenisnya akan cepat mengkonversi gula dalam tubuh. Selain itu, alkohol dan keju jenis tertentu juga mengandung jamur.

"Masih banyak penelitian tentang konsumsi makanan dan infeksi jamur yang harus diselesaikan. Namun, tak ada salahnya menghindari makanan yang terbuat dari jamur," ungkap Millheiser.



Lihat Video: Sel Punca, Solusi Kesehatan Masa Depan





(DEV)