Kafein Tidak Akan Berpengaruh Jika Dikonsumsi Sampai Titik Ini

Raka Lestari    •    Senin, 04 Dec 2017 07:34 WIB
kesehatankopi
Kafein Tidak Akan Berpengaruh Jika Dikonsumsi Sampai Titik Ini
Setelah Anda mengonsumsi kopi berturut-turut selama tiga hari, kafein menurut Walter Reed Army Institute of Research tidak akan berpengaruh apa-apa. (Foto: PIxabay)

Jakarta: Anda mungkin akan mengandalkan kopi yang diketahui mengandung kafein untuk membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Untuk malam pertama dan malam kedua mungkin Anda bisa mengandalkan kopi, namun pada malam ketiga belum tentu. 

Menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari Walter Reed Army Institute of Research, kafein tidak akan berpengaruh apa-apa untuk membuat Anda tetap terjaga di malam hari setelah meminum kopi selama tiga hari berturut-turut. 

(Baca juga: Kopi "Light Roast" Lebih Menyehatkan Dibanding "Dark Roast")



(Setelah Anda mengonsumsi kopi berturut-turut selama tiga hari, kafein menurut Walter Reed Army Institute of Research tidak akan berpengaruh apa-apa. Foto: Pixabay)

Pada studi tersebut terdapat 48 orang yang menjadi partisipan dan mencoba untuk mengurangi jam tidur mereka menjadi hanya lima jam sehari selama lima malam berturut-turut. Idealnya, manusia membutuhkan waktu tidur sebanyak tujuh sampai delapan jam sehari. 

Sebagian partisipan diberikan asupan kafein sebesar 200 mg sebanyak dua kali pada siang hari, dan sebagian partisipan lainnya tidak diberikan apa-apa.

Setelah melalui serangkaian tes kognitif para peneliti menemukan bahwa orang yang diberikan asupan kafein pada siang harinya benar-benar bisa menahan rasa ngantuk mereka pada malam pertama dan malam kedua, namun saat malam ketiga dan seterusnya efek yang diberikan oleh kafein pada kopi tersebut hilang atau tidak berpengaruh apa-apa untuk menahan rasa kantuk. 









(TIN)