5 Manfaat Probiotik bagi Tubuh Anda

Raka Lestari    •    Senin, 13 Nov 2017 15:12 WIB
5 Manfaat Probiotik bagi Tubuh Anda
Yogurt yang merupakan salah satu produk makanan mengandung probiotik dan dapat meningkatkan sistem imun untuk melawan pilek dan flu. (Foto: rawpixel.com/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mungkin Anda sudah banyak yang mengetahui bahwa bakteri baik yang bernama probiotik dapat mengurangi gangguan pencernaan, namun ternyata probiotik juga bisa memperbaiki hampir semua aspek dalam kesehatan Anda. Probiotik sendiri dapat ditemukan di yogurt, makanan yang difermentasi, keju, dan suplemen.

Berikut ini adalah manfaat dari probiotik bagi tubuh Anda:



1. Jantung yang lebih sehat
Studi baru-baru ini yang ditemukan American Heart Association menyebutkan bahwa level kolestrol dari orang-orang yang memiliki kandungan kolestrol tinggi menurun sebanyak 11 persen ketika mereka mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri.

2. Mengurangi rasa cemas
Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi suplemen yang mengandung Lactobacillus dan Bifidobacterium longum selama 30 hari mengalami stres yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen tersebut.

(Baca juga: Studi: Yogurt Mampu Kurangi Gejala Depresi dan Cemas)

3. Pembersih gigi dan gusi
Sebuah penelitian menemukan bahwa Lactobacillus dan Bifidobacterium dapat mengurangi pertumbuhan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit gusi. "Probiotik juga dapat mengurangi gigi berlubang pada anak-anak, khususnya yang berusia 3-4 tahun," ujar Angela U. Tucker, MD, seorang dokter keluarga di Ohio State University Wexner Medical Center.



4. Mencegah pilek dan batuk
Yogurt yang merupakan salah satu produk makanan mengandung probiotik dan dapat meningkatkan sistem imun untuk melawan pilek dan flu. Dr. Frank Lipman, MD, penulis buku Be Well dan pendiri Eleven Eleven Wellness Center di New York City mengatakan bahwa sebanyak 70 persen dari sistem imun dalam tubuh kita terdapat di usus.

5. Mencegah kanker
"Usus yang sehat dapat menghancurkan mikroorganisme patogen yang dapat merusak sel dan meningkatkan pertumbuhan jaringan kanker," kata Tanya Zuckerbrot, MS, RD, ahli diet dari New York City. Selain itu, usus yang sehat dapat membantu membersihkan racun yang merusak tubuh Anda dengan lebih cepat.









(TIN)