6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasien Kanker

Raka Lestari    •    Jumat, 27 Oct 2017 06:00 WIB
tips kesehatan
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasien Kanker
(Foto: Netdoctor)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengonsumsi makanan sehat tak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga mental dan emosional. Pada pasien kanker, mengonsumsi makanan yang tepat dapat mengurangi efek samping yang mungkin disebabkan oleh kemoterapi atau penyakit kanker itu sendiri.

Berikut makanan yang baik dikonsumsi penderita kanker.

Pasta atau saus tomat

"Tidak hanya karena tomat banyak mengandung vitamin C, tomat juga dapat membantu mengatasi rasa tidak enak di mulut yang dialami pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi," ujar Carolyn Lammersfeld, RD, spesialis nutrisi onkologi dan wakil presiden obat integratif di Cancer Treatment Center of America.

Ikan yang mengandung lemak

Salmon, tuna, dan sarden tidak hanya sumber protein yang bisa melawan rasa lelah, tetapi juga sumber nutrisi. Mereka mengandung asam lemak omega-3 yang dapat memperkuat otot, kandungan vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah, serta vitamin D untuk kesehatan tulang.

Produk olahan susu

Kalsium, vitamin D, dan protein dari produk-produk olahan susu dapat membuat tulang yang sehat.

Ayam tanpa lemak dan kalkun

Ayam tanpa lemak dan kalkun dapat dicerna dengan mudah dan mengandung banyak protein. Daging unggas tanpa lemak merupakan pilihan yang lebih baik daripada daging merah yang dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan kondisi kronis seperti penyakit jantung.

Jahe

Jahe memang terbukti dapat mengurangi rasa mual, yang merupakan efek samping dari kemoterapi dan penggunaan beberapa obat. Menambahkan parutan jahe ke dalam makanan atau teh dapat meringankan perasaan mual.




(DEV)