Benarkah Kuning Telur Tak Baik untuk Kesehatan?

Raka Lestari    •    Minggu, 07 Jan 2018 12:29 WIB
studi kesehatan
Benarkah Kuning Telur Tak Baik untuk Kesehatan?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak orang menghindari kuning telur dan lebih memilih mengonsumsi putihnya saja karena alasan kesehatan. Namun, benarkah kuning telur tidak memiliki manfaat kesehatan?

Periset dari University of Illinois Urbana-Champaign melakukan percobaan terhadap 10 pria muda yang mengonsumsi telur utuh dan putih telur saja setelah melakukan olahraga.

Seperti diketahui, setiap telur mengandung 18 gram protein dan kandungan asam amino yang bagus untuk pembentukkan otot.

Hasilnya, mengonsumsi telur utuh atau pun putihnya saja sama-sama bisa membangun otot. Namun jika bicara soal perbaikan dan pertumbuhan otot, telur utuh memiliki peran yang lebih baik ketimbang mengonsumsi putihnya saja.

"Konsumsi telur utuh setelah melakukan olahraga menghasilkan sintesis protein otot yang lebih besar daripada konsumsi telur putih," kata penulis utama studi Nicholas Burd, PhD, profesor kinesiologi dan kesehatan masyarakat dari University of Illinois seperti dilansir dari Reader Digest.

Para peneliti menyarankan mengonsumsi telur utuh dibandingkan putih telur saja agar mendapatkan manfaat protein dengan sebaik-baiknya. Meskipun putih telur tinggi protein dan rendah kalori, yang menjadi utama hanyalah protein. Berbeda dengan kuning telur, kuning telur mengandung hampir semua vitamin A, B12, dan D, ditambah zat besi dan kalsium, sehingga Anda akan melewatkan banyak nutrisi penting jika hanya mengonsumsi putih telur saja.

Penelitian ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.




(DEV)