Mencegah Kembung setelah Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak

Torie Natalova    •    Minggu, 24 Dec 2017 08:41 WIB
tips kesehatan
Mencegah Kembung setelah Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak
Makanan manis dan berlemak menjadi salah satu penyebab kembung (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Perayaan besar seperti Natal biasanya tak lepas dari hidangan manis dan tinggi lemak. Ini jika dikonsumsi sepanjang hari bisa menyebabkan perut kembung.

Dr Naila Arebi, konsultan pencernaan di St Mark's Hospital mengatakan, penyebab umum dari kembung adalah overindulgensi.

Kelebihan lemak memperlambat motilitas usus. Ketidakcocokan lemak dengan air membuat lemak tahan terhadap proses pencernaan dan memicu respons fisiologis untuk menunda pengosongan lambung.

Selain itu, kelebihan gula fermentasi di usus membuat fungsi usus melambat sehingga memicu kembung. Karena itu, Anda bisa merasakan perut kembung setelah banyak mengonsumsi minuman bersoda atau ayam goreng penuh lemak.

Sayangnya tidak banyak cara untuk menghindari santapan yang lezat di hari yang spesial ini. Anda hanya dapat membatasi makanan manis atau berlemak seperti dengan memilih ikan atau daging kalkun.

Sementara itu, jika tak ingin perut kembung, Anda bisa menghindari makan dengan jumlah besar dalam satu kali makan.

Karena, ini bisa membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman karena kembung.

Jika perut terlanjur kembung, Anda bisa menggunakan antasida untuk meminimalkan rasa panas dalam perut. Antasida adalah obat untuk menetralkan asam di perut, menghilangkan gangguan pencernaan, dan mulas.

Setelah perayaan selesai, Anda bisa memulai kembali hari dengan sayuran kukus dan air yang bisa membuang racun dalam tubuh.

Selain menggunakan obat, Anda bisa menggunakan botol air panas yang ditempelkan di perut untuk membantu gas meninggalkan tubuh dan meredakan tekanan yang menyebabkan perut menjadi kembung.




(DEV)