Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Berbagi Earphone dengan Orang Lain

Raka Lestari    •    Senin, 27 Nov 2017 11:33 WIB
kesehatan telinga
Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Berbagi Earphone dengan Orang Lain
Berbagi earphone tidak baik untuk kesehatan (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Berbagi earphone mungkin terdengar sepele dan Anda sering melakukannya. Namun, faktanya tidak demikian. Kotoran telinga merupakan bentuk alami tubuh dalam melindungi bagian dalam telinga dan mencegah infeksi. Pada kotoran tersebut mengandung bakteri, meski tidak berbahaya.

Memakai earphone, berarti juga menjebak bakteri dan kuman yang ada pada untuk masuk ke dalam telinga.

"Earphone dianggap sebagai lapisan yang dapat menampung bakteri dan mencegahnya dari kekeringan sehingga bakteri dapat bertahan dan berkembang," kata Kelly Reynolds, PhD, associate professor kesehatan lingkungan di University of Arizona, kepada Buzzfeed.

"Jika bakteri ini berkembang menjadi tambah banyak, bisa menyebabkan infeksi," kata Dr. Abbas Anwar, MD, ahli THT di Southern California Head & Neck Medical Group di Santa Monica, California.

"Selain itu, earphone kadang-kadang dapat menyebabkan lecet dan luka kecil di dalam saluran telinga, terutama jika dipakai dalam waktu lama atau saat tidur  atau berolahraga. Luka ini bisa menjadi jalan masuk bakteri dan menyebabkan infeksi telinga luar yang menyakitkan (otitis externa). "

Itu adalah akibat dari penggunaan earphone oleh diri sendiri, bayangkan jika ditambah dengan orang lain.  

"Anda menambahkan sejumlah bakteri baru dan lebih banyak ke telinga Anda," kata Dr. Anwar.
"Selain itu, Anda mungkin tidak tahu apakah teman Anda telah menjaga earphone mereka tetap bersih atau tidak."

Selain tidak berbagi earphone, ada banyak cara untuk memastikan bahwa earphone Anda sendiri bersih dan aman untuk telinga. Membeli tempat khusus untuk earphone, secara teratur membersihkannya dengan alkohol, dan menjaga agar tetap kering adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihan telinga agar bebas dari infeksi.





(DEV)