6 Jenis Alergi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 28 Dec 2017 17:21 WIB
alergi
6 Jenis Alergi yang Tidak Banyak Orang Tahu
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Alergi merupakan bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing tertentu. Misalnya pada debu, serbuk sari bunga, atau terhadap cuaca dingin.

Ada beberapa reaksi yang terjadi ketika seseorang mengalami alergi, seperti sesak napas, bersin, hidung berair, ruam kulit, pembengkakan bibir, dan masih banyak lagi. Berikut enam jenis alergi yang belum banyak diketahui orang seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Alergi perubahan musim

Karena perubahan musim dan efek pemanasan global, banyak orang menderita alergi. Perubahan cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan perubahan tubuh pada orang-orang, seperti gejala flu dan penyakit pernapasan.

2. Alergi pollen (serbuk sari)

Beberapa tanaman memiliki serbuk sari yang sangat lembut sehingga mudah terbawa angin. Alergi jenis ini juga ditandai dengan bersin-bersin saat mencium bunga tertentu.

3. Alergi antibiotik

Beberapa antibiotik mengandung bahan kimia seperti penisilin dan amoksilin yang menimbulkan beberapa reaksi seperti gatal-gatal, demam, dan ruam.

4. Alergi sulfit

Bahan kimia sulfit ini bisa ditemukan di beberapa makanan, baik makanan olahan maupun alami. Beberapa jenis makanan yang punya kandungan sulfit adalah makanan panggang, sop campur, sayur kalengan, makanan asinan, dan buah kering.

5. Alergi shiners

Alergi ini biasa terjadi selama musim dingin yang dapat meningkatkan aliran darah di dekat sinus. Gejalanya adalah lingkaran hitam di bawah mata.

6. Alergi kucing

Meskipun hewan yang satu ini menggemaskan bagi sebagian orang, namun ada orang yang alergi kucing. Dia tidak bisa terkena urine, air liur, dan bulu kucing. Gejala alergi kucing meliputi batuk, mengi, merah, gatal mata, dan juga ruam.




(DEV)