6 Cara Terbaik untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Raka Lestari    •    Selasa, 13 Feb 2018 12:23 WIB
kesehatan mental
6 Cara Terbaik untuk Meningkatkan Kesehatan Mental
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Setiap harinya setiap orang rata-rata menghabiskan waktu selama delapan jam sehari untuk berselancar di dunia maya. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang lebih tertarik untuk meningkatkan kesehatan mental mereka dibandingkan kesehatan fisik, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Bidvine.

Dari 1.500 orang Inggris yang disurvei, sepertiganya ingin memperbaiki kesehatan mental mereka di tahun 2018, sedangkan hanya seperlima yang ingin menurunkan berat badan.

Lalu, bagaimanakan cara untuk mendapatkan mental yang lebih sehat? Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan mental yang lebih sehat, dilansir dari Elle.co.uk.

1. Cukup tidur

Penelitian terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyimpulkan bahwa dua pertiga orang dewasa di negara maju tidak mendapatkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 8 jam sehari. Kurangnya tidur kronis dapat menyebabkan gangguan suasana hati jangka panjang seperti kecemasan dan depresi di samping efek yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik.

2. Tidak perlu khawatir berlebihan

Dalam buku yang ditulis oleh Dr Gordon L. Leahy tahun 2005 berjudul The Worry Cure, Leahy mengungkapkan bahwa 85 persen dari apa yang kita khawatirkan tidak pernah benar-benar terjadi, yang dapat menyebabkan stres kronis dan dikaitkan dengan kemungkinan depresi klinis yang lebih besar. Berhenti khawatir berlebihan dapat berdampak baik pada kesehatan mental Anda.


3. Berhenti diet

Orang yang menghargai tubuhnya, terlepas dari ukuran tubuh mereka, cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih baik, fungsi seksual yang lebih baik, dan lebih bahagia secara keseluruhan. Jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, lakukan diet seimbang dan berolahraga secara teratur daripada melakukan diet ketat yang tidak teratur.


4. Lakukan hobi Anda

Melakukan hal-hal yang menjadi hobi atau kesukaan Anda dapat memperbaiki hubungan dan mengurangi depresi, mengurangi emosi negatif dan mengurangi stres dan kecemasan. Lakukan sesuatu yang dapat membuat Anda senang dan rasakan hasilnya bagi kesehatan mental Anda.


5. Batasi penggunaan teknologi

Pakar teknologi dan kesehatan mental percaya bahwa Twitter membuat kita tidak peduli terhadap kejadian di sekitar kita dan Instagram memiliki dampak buruk pada waktu tidur, kepercayaan diri, takut kehilangan, intimidasi dan perasaan cemas, depresi dan kesepian.Tetapkan aturan mudah untuk diri sendiri seperti tidak melihat ponsel Anda pada waktu makan atau selama satu jam sebelum tidur.


6. Lakukan olahraga

Olahraga memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan mental Anda. Lakukan olahraga ringan seperti yoga yang telah terbukti memperbaiki gejala depresi, attention deficit, dan gangguan tidur, atau berenang yang dapat mengurangi stres dan kecemasan.





(DEV)