Manfaat Kayu Manis bagi Otak

Raka Lestari    •    Jumat, 21 Dec 2018 10:00 WIB
kesehatan
Manfaat Kayu Manis bagi Otak
Kayu manis adalah bahan yang luar biasa, yang tidak hanya memberikan rasa yang kuat dan enak, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. (Foto: Vanesa Conunaese/Unsplash.com)

Jakarta: Kayu manis seringkali dijadikan bahan pelengkap dalam masakan. Bau harum yang dihasilkan kayu manis juga dapat meningkatkan nafsu makan bagi seseorang ketika menghirupnya.

Dan ternyata, tidak hanya bau yang dihasilkan kayu manis dapat meningkatkan nafsu makan seseorang ternyata juga dapat memiliki dampak positif bagi otak Anda.

"Kayu manis adalah bahan yang luar biasa, yang tidak hanya memberikan rasa yang kuat dan enak, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk otak," ujar Jamie Bacharach, ahli akupunktur dan pengobatan alternatif di Maple Holistics kepada Elite Daily. 

"Tubuh kita mengubah kayu manis menjadi sodium benzoate, yang menawarkan efek antiinflamasi dan antioksidan pada tubuh dan otak, menghasilkan pikiran yang lebih tajam dan kepala lebih jernih."

Secara khusus, kata Bacharach, natrium benzoat yang kayu manis ubah pada tubuh Anda dapat membantu tubuh untuk mempertajam ingatan serta membantu fungsi kognitif secara umum. 

(Baca juga: Kayu Manis Bantu Menjaga Kesehatan Otak)

"Kayu manis juga telah ditemukan untuk melindungi otak di bawah berbagai kondisi yang sulit, dan bahkan mampu melawan efek Parkinson dan multiple sclerosis," ujat Bacharach. 

"Selain itu dipercaya juga bahwa kayu manis dapat membantu mencegah penyakit kognitif dan degenerasi sebelum itu terjadi."

Selain itu, Bacharach mengatakan kayu manis juga merupakan sumber mangan, yang merupakan antioksidan yang meningkatkan kesehatan dan fungsi otak secara umum. 

Meskipun tidak ada panduan secara umum mengenai berapa jumlah kayu manis yang dianjurkan, European Food Safety Authority menganjurkan untuk mengonsumsi kayu manis satu sendok teh per hari.

Menurut Monica Auslander Moreno, MS, RD, LD/N, konsultan nutrisi untuk Nutrisi RSP, Anda mungkin tidak perlu makan cukup banyak kayu manis secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya pada otak Anda. 

"Saya merekomendasikan untuk mengonsumsinya sedikit saja, seperti dengan menaburkannya pada makanan atau teh atau kopi, memasak dengan itu, dan lainnya," katanya.




(TIN)