Ini yang Terjadi Sebelum Operasi Caesar Dilakukan

   •    Selasa, 18 Dec 2018 15:04 WIB
kesehatan
Ini yang Terjadi Sebelum Operasi Caesar Dilakukan
Apa yang terjadi sebelum Anda melakukan operasi caesar? Simak informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Julie Johnson/Unsplash.com)

Jakarta: Operasi caesar mungkin menjadi pilihan bagi Anda yang memang membutuhkan karena kondisi tertentu atau tidak ingin melahirkan secara normal.

Mungkin Anda berpikir melahirkan secara caesar lebih tidak sakit daripada melahirkan secara normal. Tapi tahukah Anda ternyata kelahiran melalui operasi caesar mempunyai risiko empat kali lebih besar dibandingkan kelahiran normal.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menjalankan dan merencanakan operasi caesar jika Anda mengalami kondisi tertentu, seperti bayi dalam posisi sungsang, Anda mengalami plasenta previa, dan bayi terlalu besar.

Melansir dari BabyCenter, kelahiran secara operasi caesar atau disebut juga dengan seksio sesarea (bedah caesar) adalah proses pesalinan dengan melalui sayatan bedah di perut dan rahim Anda.


(Melansir dari BabyCenter, kelahiran secara operasi caesar atau disebut juga dengan seksio sesarea (bedah caesar) adalah proses pesalinan dengan melalui sayatan bedah di perut dan rahim Anda. Foto: Ilustrasi. Dok. Alex Hockett/Unsplash.com)

(Baca juga: Persalinan Caesar Seringkali Picu Depresi pada Ibu)
 

Apa yang terjadi sebelum Anda melakukan operasi caesar?
 

Setelah Anda konsultasikan dengan dokter dan ternyata diharuskan lahir melalui operasi caesar, ada beberapa hal yang disiapkan termasuk administrasi. Tidak perlu repot-repot dalam hal administrasi, sebab suami Anda akan mengurus semuanya serta menemani Anda saat melahirkan di ruang operasi.

Berikut beberapa step yang bisa Anda ketahui kala melahirkan caesar dilansir dari laman yang sama.

1. Anastesi
Sebelum Anda menjalankan operasi caesar, akan dibius lokal (anestesi lokal) pada beberapa bagian tubuh. Biasanya selama operasi dilakukan, diberi anestesi epidural atau spinal terlebih dahulu agar Anda tidak merasakan sakit di bagian tubuh. Akan tetapi, Anda masih dalam keadaan sadar. Sehingga Anda dapat melihat bagaimana proses kelahiran sang buah hati.

2. Obat tambahan
Selain itu, juga akan diberi obat tambahan untuk memastikan bahwa bagian tubuh Anda benar-benar mati rasa. Tubuh Anda juga akan dimasukkan kateter untuk menampung urine selama operasi caesar berjalan.

3. Infus
Lalu, akan dipasang antibiotik melalui infus sebelum operasi dimulai untuk mencegah Anda mengalami infeksi setelah operasi. Tidak hanya itu saja, rambut pubis (kemaluan) Anda akan dicukur agar memudahkan jalan untuk melakukan sayatan.

Maria Fransiska




(TIN)