Kualitas Tidur Anak Pengaruhi Bentuk Tubuh Saat Remaja

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 07 Jan 2019 15:06 WIB
perkembangan anak
Kualitas Tidur Anak Pengaruhi Bentuk Tubuh Saat Remaja
Praktik pengasuhan di masa kanak-kanak memengaruhi kesehatan fisik dan BMI di masa remaja. (Foto: Jelleke Vanooteghem/Unsplash.com)

Jakarta: Kualitas tidur anak berdampak terhadap berbagai hal. Salah satunya bentuk tubuh anak saat remaja.

Dikutip dari Webmd, sebuah penelitian menyebutkan tidur teratur dan cukup selama masa kanak-kanak berkontribusi terhadap berat badan yang sehat saat remaja.

Dalam penelitian tersebut ilmuwan melibatkan hampir 2.200 anak-anak di 20 kota di A.S. Setidaknya sepertiga dari peserta memiliki waktu tidur yang konsisten dan sesuai usia antara usia 5 dan 9 tahun.

Berdasarkan pengamatan, peserta yang rutinitas tidur tidak baik cenderung memiliki indeks massa tubuh (Body Mass Index/BMI) yang lebih tinggi.

(Baca juga: 6 Langkah Untuk Tingkatkan Imunitas Si Kecil)


(Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

"Praktik pengasuhan di masa kanak-kanak memengaruhi kesehatan fisik dan BMI di masa remaja. Mengembangkan rutinitas yang tepat di masa kanak-kanak sangat penting bagi kesehatan masa depan anak," kata rekan penulis studi Orfeu Buxton saat dikutip dari laman yang sama.

"Kami pikir tidur memengaruhi kesehatan fisik dan mental dan kemampuan belajar," tambah Buxton yang menjabat direktur Sleep, Health and Society Collaboratory di Penn State.

Buxton berharap, temuan tersebut menekankan pentingnya mendidik orang tua tentang waktu tidur anak. Sehingga, orang tua mampu menagtur waktu anak dalam keseharian, termasuk waktu tidur.

"Memberi anak-anak kerangka waktu untuk mendapatkan jumlah tidur yang tepat adalah yang terpenting," kata Buxton. Laporan ini diterbitkan baru-baru ini di jurnal Sleep.




(TIN)