Vitamin yang Dapat Turunkan Kadar Kolesterol

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 22 Jul 2017 18:28 WIB
kolesterol
Vitamin yang Dapat Turunkan Kadar Kolesterol
3 Vitamin yang Dapat Turunkan Kadar Kolesterol (Foto: shuttestock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk pada bagian jantung.

Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya mencoba mengatasi hal tersebut dengan konsumsi beberapa jenis vitamin yang dapat meningkatkan energi seperti berikut.

1. Vitamin B5
Vitamin yang disebut juga dengan asam pantotenat ini berperan penting dalam sintesis kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan konusmis vitamin B5 dapat menurunkan kadar kolesterol trigliserida.

2. Vitamin B3
Jenis vitamin yang larut dalam air ini bernama Niacin. Vitamin B3 adalah vitamin penting yang mengkatalisis sejumlah reaksi biokimia pada tingkat sel. Dosis niacin yang lebih tinggi memiliki efek yang menguntungkan pada profil lipid karena meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

3. Vitamin C dan E
Kedua vitamin ini bersifat antioksidan, yang dapat mencegah penuaan dini, kanker dan penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mereka dapat memperlambat aterosklerosis dan menurunkan kolesterol LDL.

 


(ELG)