Takaran Makan Siang untuk Menurunkan Berat Badan

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 24 Jul 2017 07:00 WIB
kalbe nutritionals
Takaran Makan Siang untuk Menurunkan Berat Badan
(Foto:Diet-nipic.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang yang gagal menurunkan berat badan karena tak bisa berdisiplin menjaga pola makan dengan baik. Jumlah asupan makanan menjadi hal penting dalam menyukseskan penurunan berat badan.

Anda mesti tahu cara menakar jumlah asupan makanan saat makan siang. Ahli gizi Stephanie  Clarke dan Willow Jarosh dari Nutrisi C&J menjelaskan persamaan sempurna tentang bagaimana membuat makan siang yang lezat dan memuaskan, sekaligus berguna untuk menurunkan berat badan. Ia membeberkan takaran makan siang yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan.

Kalori

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, jaga asupan kalori pada kisaran 400 hingga 450. Jika Anda mencoba mempertahankan berat badan Anda, terutama jika Anda berolahraga, arahkan lebih dekat ke 500 kalori.

Karbohidrat

Bagaimana pun tubuh Anda perlu asupan karbohidrat. Sebaiknya takar asupan karbohidrat Anda 50 sampai 65 gram, yaitu 45 sampai 55 persen kalori makan siang Anda. Selain itu hindari karbohidrat olahan seperti makanan yang dibuat dengan tepung putih dan gula putih.

Protein

Dapatkan 20 hingga 30 gram protein atau sekitar 17 sampai 25 persen kalori dari makan siang Anda. Dosis protein yang sehat pada tengah hari membuat Anda terasa kenyang hingga sore hari sehingga tidak cenderung mudah lapar.

Lemak

Saat makan siang sebaiknya mengkonsumi makanan yang mengandung lemak sehat sebanyak 13 sampai 18 gram atau sekitar 30 sampai 50 persen dari total makan siang Anda. Lemak sehat yang dimaksud seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak alpukat, dan sebagainya.

Serat

Setidaknya mengkonsumsi delapan gram serat atau 30 persen dari total kebutuhan sehari-hari 25 gram per hari. Termasuk juga karbohidrat kaya serat (sayuran bertepung dan buah) serta serat yang mengandung lemak (kacang dan biji) akan membantu Anda memenuhi kebutuhan serat.

Gula

Makan siang yang sehat seharusnya mengandung empat gram gula pasir atau kurang. Namun jika Anda suka mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti anggur, madu, dan sebagainya, sebaiknya tidak makan lebih dari 20 gram gula. Hati-hati dengan gula tersembunyi pada produk tertentu seperti sandwich.

Pemilihan Waktu

Mulailah makan siang sekitar satu sampai tiga jam setelah camilan pagi Anda. Jika Anda makan pagi sekitar pukul 07.30 dan kudapan pagi sekitar pukul 10.00, maka untuk makan siang dianjurkan sekitar pukul 12.00. Jika Anda kerap lupa makan siang karena terlampau sibuk, atur alarm di ponsel untuk mengingatkan jam makan.

Agar asupan yang masuk ke tubuh seimbang, sesuai dengan takaran normal per/hari yang dibutuhkan orang dewasa, penting juga memilih cemilan yang tepat baik sebelum maupun sesudah makan siang. Sebaiknya pilih camilan yang mengandung serat, dan sedikit kalori seperti Fitbar.

Fitbar mengandung rendah kalori yaitu hanya 90 kkal/saji, sehingga tak perlu khawatir berat badan akan naik. Dengan hanya memiliki jumlah 90 kkal/saji, menjadikan Fitbar dikenal sebagai cemilan rendah kalori yang hadir dengan pilihan rasa yang super enak yaitu chocolate, fruits, dan nuts.

Selain itu kandungan oat, whole wheat dan quinoa di dalam Fitbar membuat tubuh mendapatkan manfaat serat larut yakni melunakkan tinja sehingga mempelancar BAB. Serat larut juga mengatur kadar gula darah, dan mencegah sakit jantung dengan menurunkan kolesterol. Manfaat lainnya adalah meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus. Serat larut membuat rasa kenyang lebih lama, yang akan membantu Anda dalam menjaga berat badan.

Tidak hanya itu, Fitbar merupakan camilan bebas kolestrol dan trans-fat, serta gandum yang dapat menjaga kesehatan saluran cerna dan kesehatan jantung, kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi, serta vitamin A, B12, dan C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mau ngemil sehat tanpa ribet? Choose Fitbar, snacking with no worry!


(ROS)