Pertolongan Pertama Saat Jantung Berdebar Tak Normal

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 14 Aug 2017 08:30 WIB
kesehatan jantung
Pertolongan Pertama Saat Jantung Berdebar Tak Normal
Gerakan Valsava bisa Anda lakukan untuk membantu menormalkan laju jantung seperti semula. (Foto: Wisegeek)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertolongan pertama adalah hal yang sangat penting untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Bagi Anda yang pernah mengalami jantung berdebar tak normal, meski sepele, tetap membutuhkan intervensi agar tak terjadi hal-hal yang buruk. 

Lalu, apa yang mesti dilakukan saat mengalami perubahan signifikan pada laju jantung?

"Kalau denyut kencang dan tak mengancam jiwa, cobalah letakkan es batu di bagian leher supaya sirkuit yang berputar-putar (ada korslet dalam aliran jantung) bisa berhenti," jawab ahli jantung Prof. Dr. dr. Yoga Yuniadi, SpJP(K) dalam konferensi pers di RS Harapan Kita, Jumat 11/8/2017).  



(Baca juga: 7 Tanda Serangan Jantung yang Sering Diabaikan Wanita)

Selain itu, bisa juga melakukan manuver Valsava dimana seseorang memaksa membuang napas dengan menutup hidung dan mulut. Dengan demikian, udara terdesak untuk masuk ke telinga dalam ketika saluran Eustachi terbuka. 

"Tingkat keberhasilan pada manuver Valsava sekitar 40 persen pada jenis kelainan aritmia tertentu," tambahnya. Selain kedua cara tersebut, gerakan terbatuk-batuk juga bisa membantu menormalkan laju jantung seperti semula. 

Namun, bila laju jantung tak menurun dan mulai terjadi penurunan kesadaran, sebaiknya segera mendatangi tenaga medis untuk menerima penanganan yang tepat.










(TIN)