Obat Ini dapat Menunda Haid Saat Ramadhan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 17 May 2017 17:33 WIB
kesehatan
Obat Ini dapat Menunda Haid Saat Ramadhan
(Foto: Ehow)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjalankan bulan Ramadhan secara penuh pada umunya sulit dilakukan wanita karena terbentur kondisi haid. Namun, bukan berarti haid tak bisa ditunda. Dengan mengetahui kondisi hormon pengatur haid, kemungkinan penundaan haid dapat dilakukan dengan mengkonsumsi pil progesteron.

"Penundaan haid dapat dilakukan dengan pemberian pil progesteron jenis tertentu. Hal ini biasanya dilakukan oleh para wanita yang akan melaksanakan umroh atau naik haji," ujar dr Riyan Hari Kurniawan, SpOG dari Bamed Women's Clinic dalam temu media, Rabu (17/5/2017).

Ia menambahkan, konsumsi pil yang baiknya dimakan 10-14 hari sebelum prediksi masa haid tersebut tak akan memberi efek samping sehingga aman digunakan.

"Namun sebelumnya periksakan dulu ke dokter kandungan tentang kondisi organ kandungan dan pastikan tidak ada kontraindikasi penggunaan pil tersebut," sarannya.

Haid adalah kondisi dimana permukaan dinding rahim meluruh akibat turunnya kada progesteron secara mendadak. Normalnya, haid berlangsung 3-7 hari dengan siklus 21-35 hari dan darah yang keluar sekitar 80 cc.


(DEV)