Depresi Memicu Gangguan Komunikasi dan Berpikir

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 27 Jul 2017 09:00 WIB
psikologi
Depresi Memicu Gangguan Komunikasi dan Berpikir
Depresi adalah gangguan kelima terbesar pada orang dewasa di Inggris. Beberapa gejala dari depresi adalah perasaan muram, kelelahan, dan merasa kosong. (Foto: Kyle Broad/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa penderita depresi memiliki risiko lebih tinggi dalam hal perubahan struktur otak yang berhubungan dengan kemampuan komunikasi dan berpikir. 

Penemuan tersebut menyebutkan bahwa perubahan pada otak yang disebut dengan materi putih tersebut melibatkan saluran serat yang membuat sel otak mampu berkomunikasi dengan sel otak lain melalui sinyal elektrik. 



Materi putih adalah komponen kunci pada pemasangan otak dan gangguan pada bagian tersebut dapat menyebabkan masalah pada proses emosi dan kemampuan berpikir. 

Selanjutnya, orang dengan gangguan indikatif depresi juga cenderung mengalami penurunan dalam integritas materi putih seperti kualitas makna, yang tak terlihat pada mereka yang tak terkena dampak. 

"Studi ini menunjukkan bahwa orang depresi mengalami perubahan pada penyampaian materi putih pada otak mereka," tukas pemimpin senior Heather Whalley dari University of Edinburgh. 

(Baca juga: Alasan Orang yang Depresi Enggan Menceritakan Masalahnya)

Depresi adalah gangguan kelima terbesar pada orang dewasa di Inggris. Beberapa gejala dari depresi adalah perasaan muram, kelelahan, dan merasa kosong. 

Studi yang dipublikasikan dalam Scientific Reports tersebut menganalisa 3.461 orang menggunakan MRI berbasis teknik gambar saraf untuk memetakan struktur materi putih. 



"Terdapat kebutuhan mendesak untuk menyediakan pengobatan bagi penderita depresi dan pengertian yang lebih pada mekanisme tersebut akan memberi kesempatan yang lebih baik untuk mengembangkan metode pengobatan yang lebih efektif," tambah Whalley. 

Penelitian selanjutnya berfokus pada absennya perubahan dalam otak yang berhubungan dengan perlindungan lebih baik dalam mengatasi suasana hati muram. 









(TIN)