5 Rempah Pencegah Penyakit di Musim Hujan

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 29 Aug 2017 10:31 WIB
kesehatan
5 Rempah Pencegah Penyakit di Musim Hujan
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rempah tak hanya berguna untuk menambah cita rasa makanan, tetapi juga memiliki khasiat melawan infeksi. Berikut adalah beberapa jenis rempah yang baik dikonsumsi selama musim penghujan dimana banyak penyakit mudah menyerang tubuh.

1. Kunyit

Rempah satu ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah datangnya penyakit karena memiliki kandungan anti-peradangan. Selain dicampur dalam makanan, anda juga bisa memasukkan kunyit ke dalam minuman hangat setiap malam.

2. Kayu manis

Kandungan anti-bakteri dan penghangat alami dalam kayu manis dapat membantu meringankan gejala sakit tenggorokan, pilek, dan batuk. Segelas kayu manis hangat dapat menyembuhkan iritasi dan gatal pada tenggorokan serta mencegah datangnya pilek.

3. Lada

Lada adalah bahan yang baik untuk mengobati pilek dan batuk serta meringankan sinusitus dan sengau dalam pernapasan. Kandungan ekspektoran dalam lada membantu memecah endapan lendir dalam sistem pernapasan.

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur dan anti-protozoal yang dapat membantu meringankan batuk berat dan membersihkan lendir yang menghalangi paru-paru.

5. Jahe

Jahe mengandung gingerol dan shaogal yang pada bagian akar yang berfungsi sebagai anti-peradangan sehingga membantu mengobati radang tenggorokan dengan cepat. Rempah ini juga mampu membunuh rhinovirus, penyebab infeksi seperti pilek.


(DEV)