Dampak Metode Baby Led Weaning pada Bayi

Raka Lestari    •    Senin, 18 Sep 2017 06:00 WIB
perkembangan anakbaby led weaning
Dampak Metode Baby Led Weaning pada Bayi
Belum ada buktinya bahwa metode BLW akan menghasilkan bayi-bayi yang lebih baik yang sesuai dengan yang diharapkan. (Foto: Sadik Kudu/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini, para ibu-ibu muda mungkin sudah cukup mengenal metode Baby Led Weaning (BLW). BLW sendiri adalah metode dimana bayi yang memasuki usia 6 bulan dibebaskan untuk makan sendiri makanan pendamping ASI secara utuh.  

Jenis makanan yang sesuai untuk BLW ini adalah finger food, yaitu makanan yang berukuran genggaman tangan bayi.



Metode ini sudah ditemukan sekitar satu dekade yang lalu di Inggris. Namun sayangnya belum ada penelitian yang dengan jelas mengatakan bahwa dengan metode ini bayi akan menjadi lebih mandiri, dan akan tumbuh menjadi anak yang tidak pemilih makanan (picky eater).

(Baca juga: Efek BLW pada Pertumbuhan Gigi dan Mulut Si Kecil)

Menurut pakar kesehatan, DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum, yang merupakan dokter, ahli nutrisi, magister filsafat, dan penulis buku mengatakan bahwa, "sangat tidak masuk akal bahwa dari bayi yang biasanya hanya minum air susu ibu yang eksklusif, tiba-tiba makan sesuatu yang giginya saja belum tumbuh atau mungkin baru tumbuh. Pencernaan si bayi mungkin saja akan menjadi kaget," paparnya saat ditemui dalam diskusi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), di Kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (17/9/2017).

Sementara itu, dr. Tan juga menambahkan bahwa metode BLW justru akan membuat bayi cenderung terkena malnutrisi.

Hal ini dikarenakan bayi yang diberi kebebasan untuk memilih makanannya sendiri akan menganggap makanan tersebut sebagai mainan sehingga sang bayi akan melempar makanannya dan bermain-main dengan makanannya. Bukannya memakan makanan yang disediakan.



"Jadi metode BLW ini punya kelemahan terlalu banyak, dan jujur belum ada buktinya bahwa metode ini akan menghasilkan bayi-bayi yang lebih baik yang sesuai dengan yang diharapkan," ujar dr. Tan.

Oleh karena itu, bagi para ibu-ibu khususnya yang baru saja menjadi ibu atau ibu muda, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja dampak yang akan diberikan oleh metode BLW ini, jangan sampai jiwa bayi Anda terancam hanya karena Anda mencoba mengikuti tren yang belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. 









(TIN)