Permainan Teka-teki Silang Bikin Otak Awet Muda

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Jul 2017 11:44 WIB
kesehatan
Permainan Teka-teki Silang Bikin Otak Awet Muda
(Foto: Express)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa permainan teka-teki silang dapat meningkatkan fungsi otak dan membuatnya awet muda 10 tahun.

 
Penemuan tersebut mengindikasikan bahwa semakin seseorang rutin bermakin teka-teki kata, maka semakin baik kemampuan kognitif yang dimiliki seperti dalam hal fokus, beralasan, dan memori. Dengan demikian, risiko demensia pun semakin menurun. 
 
"Kami menemukan adanya hubungan langsung antara frekuensi mengerjakan teka-teki kata dengan kecepatan dan akurasi dari penampilan sembilan tugas kognitif yang melibatkan aspek fungsi termasuk fokus, beralasan, dan memori," ujar Keith Wesnes, profesor dari University of Exeter, Inggris. 
 
Ia menambahkan, performa yang ditunjukkan semakin baik secara konsisten pada mereka yang mengerjakan teka-teki silang dan secara umum meningkat pada mereka yang sering melakukannya.
 
Studi yang dipresentasekan dalam Alzheimer’s Association International Conference (AAIC) 2017 di London tersebut menganalisa lebih dari 17 ribu orang sehar yang berusia di atas 50 tahun secara daring. 
 
Para peneliti menyarankan, selain dengan bermain teka-teki silang, beberapa hal lain yang dapat mengurangi risiko demensia adalah aktif berpikir, olahraga, menghindari rokok, dan makan sehat seimbang. 



(DEV)