Studi: Penglihatan Terus Berkembang Hingga Dewasa

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 31 May 2017 14:38 WIB
studi kesehatankesehatan mata
Studi: Penglihatan Terus Berkembang Hingga Dewasa
Para peneliti menemukan bahwa korteks visual, pusat otak yang memproses bagian penglihatan, terus berkembang hingga seseorang berusia akhir 30 atau awal 40 tahun. (Foto: Favim.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan orang berpikir bahwa pertumbuhan dan perkembangan penglihatan hanya terjadi di tahun-tahun awal kehidupan. 

Ternyata, para peneliti menemukan bahwa korteks visual, pusat otak yang memproses bagian penglihatan, terus berkembang hingga seseorang berusia akhir 30 atau awal 40 tahun. 

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience tersebut memeriksa sampel jaringan otak post-mortem pada 30 orang yang berusia 20 hari hingga 80 tahun. 

Hasilnya, korteks visual pada otak mencapai kematangan pada usia 36 tahun, dengan estimasi kurang lebih 4,5 tahun dari usia tersebut. 

Penelitian tersebut cukup mengejutkan, karena para peneliti berpendapat bahwa kematangan korteks akan terjadi pada usia 5 hingga 6 tahun, sama seperti percobaan yang dilakukan pada hewan. 



(Baca juga: Pentingnya Cek Mata Enam Bulan Sekali)

"Terdapat berbedaan besar terkait pengertian kita pada fungsi otak. Kami pikir area sensor berkembang di masa kanak-kanak dan menjadi statis adalah tantangan setelahnya. Ternyata itu salah," terang pemimpin penelitian Kathryn Murphy, Profesor di McMaster University di Hamilton, Ontario, Kanada.

Pengobatan untuk mengatasi kondisi tersebut, seperti ambliopia atau 'mata malas' misalnya, sebelumnya diperkirakan hanya berdampak pada anak-anak karena dipikir tak akan berpengaruh pada orang dewasa muda. Ternyata hal tersebut salah. 

Meskipun penelitian ini hanya berfokus pada korteks visual, hal ini dapat menjadi indikasi awal dimana bagian otak lainnya kemungkinan lebih elastis daripada apa yang dipikirkan.








(TIN)