Bau Mulut, Salah Satu Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Torie Natalova    •    Rabu, 20 Sep 2017 07:24 WIB
kesehatan
Bau Mulut, Salah Satu Tanda Tubuh Alami Dehidrasi
(Foto: Gogo Smile)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dehidrasi ditandai dengan rasa haus berlebihan, serta kekurangan cairan sehingga tubuh menjadi lemas. Selain itu, urine akan berwarna kuning pekat.

Untuk menjalankan fungsinya, tubuh memang membutuhkan cairan. Sedangkan dehidrasi dapat membuat fungsi tubuh tidak berjalan normal.

Dehidrasi yang berat dapat menyebabkan penyakit serius seperti stroke, kelelahan ekstrem, dan dalam kasus yang sangat parah
dapat sebabkan kematian.

Asupan cairan yang tepat untuk tubuh adalah minum 8-9 gelas air per hari. Namun, tanpa disadari Anda bisa mengalami dehidrasi karena tidak memenuhi anjuran tersebut.

Selain tiga gejala umum di atas, ada beberapa gejala tubuh Anda mengalami dehidrasi.

1. Bau mulut

Air liur memiliki sifat antibakteri. Jika Anda dehidrasi, kadar air liur Anda turun dan begitu pula kemampuan mulut Anda untuk melawan kuman penyebab bau mulut. Jika tiba-tiba mulut Anda bau tanpa sebab, cobalah perbanyak minum air.

2. Berhenti berkeringat

Tubuh yang tidak berkeringat mungkin saja merupakan tanda Anda tidak mengalami dehidrasi. Namun, menurut Medical Director Emergency Department di New Jersey, Anthony J. Brutico, kondisi tersebut bisa jadi pertanda Anda mengalami serangan panas atau heat stroke.

Ini bisa terjadi karena volume cairan yang sangat rendah pada tubuh sehingga membuatnya mencoba untuk berpegangan pada apa yang Anda miliki. Jika kondisi ini terjadi, Anda harus segera menemui dokter.

3. Kulit kering dan tidak elastis

Dehidrasi menurunkan elastisitas pada kulit Anda yang berarti membuat kulit menjadi kering. Kelembapan kulit yang hilang memicu kulit Anda kehilangan elastisitas.

4. Tiba-tiba ingin makanan tertentu

Hati Anda membutuhkan air untuk berfungsi baik. Ketika hati tidak mendapatkan asupan cairan, ini akan memberi sinyal ke otak  bahwa tubuh membutuhkan energi. Tak hanya merasa kehausan, dehidrasi juga bisa menyebabkan Anda kelaparan dan menginginkan atau ngidam makanan tertentu.

Anda dapat menghindari dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan. Tambahkan cairan elektrolit untuk memenuhi cairan tubuh Anda. Sebaiknya, hindari minuman bersoda karena kandungan di dalamnya dapat membuat Anda merasa terus kehausan.





(DEV)