Studi: Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Mendengkur Saat Tidur

Raka Lestari    •    Rabu, 27 Sep 2017 11:54 WIB
tidur
Studi: Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Mendengkur Saat Tidur
Berjalan dan bergerak sebisa dan sebanyak mungkin bisa mengurangi mendengkur. (Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendengkur bisa jadi merupakan tanda dari sleep apnea, sebuah kondisi yang sangat berbahaya. Sleep apnea adalah gangguan tidur dimana pernapasan sering berhenti saat tidur. Penelitian terbaru dari National Center for Biotechnology Information menyarankan beberapa solusi mudah untuk menguranginya. 

Para peneliti memilih 16 orang yang selalu mendengkur saat tidur. Semuanya sehat, dengan berat badan yang normal. Setelah mengukur volume cairan pada betis mereka diperiksa. Para periset meminta para relawan untuk duduk selama empat jam.



Para peneliti mengatakan bahwa duduk yang lama dapat meningkatkan retensi cairan pada kaki yang menyebar ke leher saat tidur dan dapat menyebabkan mendengkur saat tidur.

Para peneliti juga menguji sebuah solusi yang potensial untuk mengurangi mendengkur: Setengah dari para relawan menempelkan kaki mereka ke pedal untuk menjaga agar otot betis mereka tetap aktif sambil duduk, sedangkan setengah lainnya tidak menggunakan apa-apa selagi duduk. 

(Baca juga: Tips Memilih Bantal Berdasarkan Posisi Tidur)

Hasil penelitian

Hasilnya setelah seminggu kemudian kelompok relawan yang tidak aktif menekan pedal saat duduk selalu mendengkur setiap malam harinya ketika mereka tidur. 

Benar saja, volume cairan pada kaki bagian bawah meningkat tiga kali lipat saat kaki mereka tidak melakukan apa-apa sehingga menyebabkan mereka mendengkur. Lain halnya ketika para relawan menggerakkan otot kakinya saat menginjak pedal sehingga darah tetap terpompa dan cairan di betis mereka tidak menumpuk, para relawan tersebut tidak mendengkur saat tidurnya. 



"Saat Anda berbaring setelah seharian duduk, kelebihan cairan di kaki akan bisa membanjiri leher Anda. Kelebihan cairan tersebut dapat menyebabkan tenggorokan atau kerongkongan Anda lebih sempit," ujar dokter ahli tidur Michael Breus,MD. 

Ia juga menyarankan untuk memastikan bahwa berjalan dan bergerak sebisa dan sebanyak mungkin untuk mengurangi mendengkur. Atau bahkan bisa juga dengan melakukan bersepeda untuk menghindari terjadinya sleep apnea tersebut. 










(TIN)