5 Cara Menguras Racun Tubuh Tanpa Diet Ketat

Nia Deviyana    •    Kamis, 24 Aug 2017 15:33 WIB
tips kesehatan
5 Cara Menguras Racun Tubuh Tanpa Diet Ketat
(Foto: Web MD)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang beranggapan menguras racun tubuh atau detoks harus dilakukan dengan diet ekstrem. Salah satu contohnya, hanya mengonsumsi jus buah atau minum air putih saja dalam jangka waktu tertentu.

Padahal, tubuh sudah memiliki kemampuan membuang racun tubuh secara alami sehingga diet semacam itu hanya memberi dampak buruk terhadap kesehatan.

Anda bisa memaksimalkan potensi tubuh dalam membuang racun tanpa harus melakoni diet yang berbahaya. Berikut 5 caranya, dilansir dari Time.

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat anti-peradangan.

Batasi makanan yang dapat memicu peradangan pada tubuh seperti daging olahan, daging merah, dan gorengan. Sebaliknya, perbanyak asupan serat seperti buah, sayur, kacang-kacangan, protein, dan probiotik untuk memaksimalkan potensi usus dan hati dalam membuang racun tubuh.

2. Berolahraga

Keringat menjadi salah satu medium tubuh untuk membuang racun. Semakin banyak Anda berkeringat, lebih banyak pula racun yang terbuang. Selain membuat tubuh lebih sehat secara fisik, olahraga diketahui memiliki manfaat untuk mencegah stres dan merileksasi pikiran.

3. Makan dalam porsi kecil, dan pelan-pelan

Makan porsi besar membuat perut Anda kembung, dan saluran pencernaan bekerja lebih keras dan tidak sehat. Hal ini turut memengaruhi kemampuan usus dan hati dalam membuang racun tubuh.

4. Rawat kulit dengan baik

Gunakan penggosok tubuh berbahan lembut saat mandi untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan membuang tumpukan sel kulit mati.

5. Cukup tidur

Tidur merupakan cara terbaik untuk merileksasi pikiran dan tubuh setelah seharian beraktivitas. Tidur cukup (antara 7-8 jam) terbukti mampu mengurangi peradangan pada tubuh, meningkatkan metabolisme, dan mencegah stres.




(DEV)