Selain Gandum, Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi Wanita

Nia Deviyana    •    Minggu, 01 Apr 2018 13:00 WIB
tips kesehatan
Selain Gandum, Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi Wanita
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kebutuhan nutrisi wanita berbeda dengan pria. Apalagi setelah wanita mengalami periode menstruasi, kehamilan, laktasi, dan menopause.

Secara alami, tubuh wanita lebih rentan 'rusak' setelah mengalami beberapa periode yang disebutkan di atas. Belum lagi jika mereka fokus mengurus karier dan rumah tangga.

Dilansir dari The Health Site, ada beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi wanita. Selain mengandung banyak nutrisi penting, makanan ini membantu meningkatkan energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

1. Biji gandum

Quinoa atau biji gandum populer sebagai makanan sehat karena bebas gluten dan tinggi protein. Quinoa mengandung serat dua kali lebih banyak daripada biji-bijian lainnya (17-27 gram per 100 gramnya).

Selain menyehatkan pencernaan, quinoa membantu mengurangi risiko hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes. Untuk wanita, quinoa juga baik untuk meringankan sakit PMS dan memperbaiki kerusakan jaringan.

2. Biji Chia

Makanan asal Meksiko ini merupakan sumber serat dan omega-3 yang baik untuk jantung dan sistem pencernaan. Dalam sebuah penelitian, biji chia tinggi kandungan Alpha Lipoic Acid atau ALA yang efektif mencegah kanker payudara dan kanker leher rahim.

Tinggi kandungan antioksidan, makanan ini bagus untuk mencegah penuaan dini. Kalsium, magnesium, dan kalium membantu membangun otot yang sehat dan tulang yang kuat.

Mengonsumsi biji chia secara teratur membantu mencegah stres oksidatif, serta menurunkan tekanan darah, dan kolesterol jahat. Makanan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

3. Gandum kuda

Gandum kuda atau lebih dikenal dengan buckwheat tinggi protein, serat, dan antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan menyehatkan pencernaan.

Buckwheat terdiri dari karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah sehingga membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa makanan ini baik untuk melawan depresi, sakit kepala, dan kecemasan.


Lihat video:





(DEV)