Tiga Langkah Menjadi Pribadi yang Karismatik

Nia Deviyana    •    Rabu, 28 Mar 2018 16:08 WIB
psikologi
Tiga Langkah Menjadi Pribadi yang Karismatik
Karisma menjadi salah satu faktor yang membuat orang disukai di lingkungan sosial. (Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

Jakarta: Karisma menjadi salah satu faktor yang membuat orang disukai di lingkungan sosial. Banyak orang menganggap karisma sebagai sifat bawaan. 

Padahal, kenyataannya karisma bukan tentang genetika, tetapi ada beberapa hal kecil yang harus Anda lakukan supaya orang menyadari kehadiran Anda. 

Berikut beberapa hal yang mulai bisa Anda lakukan agar memiliki karisma, seperti dilansir dari Yourtango.com.

(Baca juga: Tas Anda Mengutarakan Kepribadian Anda)


(Karisma menjadi salah satu faktor yang membuat orang disukai di lingkungan sosial. Foto: Michael Dam/Unsplash.com)

1. Jangan takut mengekspresikan diri
Berani mengekspresikan diri tanpa khawatir bagaimana pandangan orang lain membuat Anda tampak berkarisma. Orang yang karismatik mampu menarik perhatian dan memberi perhatian pada pendapat orang lain.

Mereka menggunakan tubuh mereka, terutama tangan dan wajah untuk berkomunikasi sehingga lawan bicara fokus pada mereka. Menggunakan tangan ketika sedang bicara, misalnya, membantu menekankan dan menggambarkan apa yang Anda sampaikan. 

Sama halnya dengan membiarkan emosi Anda terlihat di wajah ketika sedang bercerita, membuat Anda tampak ekspresif dan lebih menawan sehingga lawan bicara terhubung dengan perasaan yang ingin Anda sampaikan.

2. Buat orang lain terhubung dengan Anda
Orang yang karismatik dapat membuat orang lain merasa dekat dengan Anda meskipun baru saja bertemu. Kuncinya, mereka fokus pada kesamaan, baik itu dalam pengalaman, minat, maupun opini.

3. Tidak pasif
Salah satu hal menonjol dari orang-orang karismatik ialah mereka tidak pasif. Mereka tidak menunggu keberuntungan terjadi, tetapi mewujudkannya. Salah satu alasan mengapa kita menyukai orang karismatik adalah karena mereka cenderung mengambil alih situasi.








(TIN)