Manfaat Susu Kacang Tanah

Raka Lestari    •    Kamis, 29 Mar 2018 18:48 WIB
kesehatan
Manfaat Susu Kacang Tanah
Pemilihan kacang tanah sebagai salah satu bahan baku untuk membuat susu non-dairy bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. (Foto: Nathan Dumlao/Unsplash.com)

Jakarta: Saat ini berbagai macam kacang-kacangan bisa dibuat menjadi berbagai susu. Sebut saja kacang almond, kedelai, beras, gandum, kacang mete bahkan kelapa bisa dibuat menjadi susu.

Berbagai kacang-kacangan ini dianggap bisa menjadi salah satu minuman pengganti susu sapi, terutama bagi mereka melakukan diet vegan atau mereka yang intoleran terhadap laktosa. 

Dilansir dari Metro.co.uk di Amerika sendiri penjualan susu almond meningkat hingga 250 persen antara tahun 2010-2015 dan meraup keuntungan sebesar $600juta, lebih banyak dibandingkan susu kedelai. 

Namun ada satu jenis kacang-kacangan yang mungkin belum terlalu banyak dipilih untuk dijadikan susu, yaitu adalah susu yang terbuat dari kacang tanah. 


(Pemilihan kacang tanah sebagai salah satu bahan baku untuk membuat susu non-dairy bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. Foto: Dok. Restaurantfairy/Instagram)

(Baca juga: Susu Almond Bantu Performa Anak Lebih Baik saat Ujian)

"Kacang tanah adalah sumber protein yang sangat baik, kacang tanah juga relatif lebih murah, dan kacang tanah juga merupakan salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan," ujar Dr Cheryl Mitchell, seorang ahli pangan kepada Refinery29. 

Selain itu, pemilihan kacang tanah sebagai salah satu bahan baku untuk membuat susu non-dairy bisa menjadi salah satu alternatif pilihan lain disamping kacang-kacangan atau gandum lainnya. 

"Kami mencoba memberikan alternatif biji-bijian dan kacang-kacangan yang beragam dan bervariasi. Selain itu juga akan bermanfaat dalam jangka panjang karena kacang tanah lebih mudah ditemukan mulai dari Sudan sampai Brasil," lanjut Dr Mitchell. 







(TIN)