Ini Jumlah Sushi yang Aman Dikonsumsi per Minggu

Raka Lestari    •    Selasa, 24 Jul 2018 09:15 WIB
kesehatan
Ini Jumlah Sushi yang Aman Dikonsumsi per Minggu
Berapa banyak Anda mengonsumsi sushi agar masih masuk dalam kategori aman? Berikut informasinya. (Foto: Bady Qb/Unsplash.com)

Jakarta: Sushi merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Beragam jenis sushi dari yang berbahan ikan, daging, sayur-sayuran, dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, terlalu banyak mengonsumsi sushi tentu tidak baik bagi tubuh Anda.

Dan sebaiknya, berapa banyak Anda mengonsumsi sushi agar masih masuk dalam kategori aman? Namun, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir mengingat sushi merupakan salah satu makanan sehat yang aman dikonsumsi.

"Sushi, yang sebagian besar terdiri dari rumput laut, nasi, sayuran, dan ikan adalah pilihan makanan yang sehat," kata Barbie Boules, R.D.N., seorang ahli diet terdaftar di Illinois. Orang dewasa yang sehat dapat dengan aman mengonsumsi dua hingga tiga gulung (10-15 buah) sushi per minggu, kata Boules.

Memang, kandungan merkuri adalah salah satu perhatian utama jika berhubungan dengan ikan, kata Claire Martin, R.D., co-founder dari Being Healthfull. Dan memang kandungan merkuri harus menjadi perhatian utama, mengingat beracunan merkuri dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, keterlambatan perkembangan, kerusakan otak, dan bahkan kegagalan organ, dikutip dari Women's Health. 


(Orang dewasa yang sehat dapat dengan aman mengonsumsi dua hingga tiga gulung (10-15 buah) sushi per minggu, kata Barbie Boules, R.D.N., seorang ahli diet terdaftar di Illinois. Foto: J/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini Cara Chef Osawa Membuat Sashimi dan Sushi)

Tetapi tidak semua ikan membawa risiko merkuri yang sama. "Semakin tinggi pada rantai makanan, semakin besar kemungkinan ada merkuri, yang tidak meninggalkan tubuh begitu ikan mencernainya," katanya.

"Jadi jenis ikan seperti ikan todak, tuna ahi, ikan bass, dan mackerel adalah contoh ikan yang cenderung memiliki tingkat merkuri lebih tinggi," kata Martin.

"Anda harus memoderasi konsumsi jenis ikan ini di sashimi, nigiri atau lainnya," kata Martin. "Aku tidak akan makan ikan ini lebih dari dua kali seminggu."

Martin mengatakan, maki sushi yang biasanya terbuat dari ikan yang lebih rendah kandungan merkurinya seperti salmon, kepiting, udang dan belut, bisa lebih sering dimakan. 

Untuk mengimbangi nutrisi Anda dan mengurangi asupan merkuri Anda, Boules merekomendasikan untuk memesan sushi Anda dengan memilih satu gulung (lima potong) ikan mentah rendah merkuri seperti salmon, lalu mengisi dengan pilihan sayuran atau udang dan kepiting yang dimasak.





(TIN)