Minum Probiotik Saat Hamil Dapat Mencegah Alergi pada Anak

Torie Natalova    •    Jumat, 13 Apr 2018 07:44 WIB
kehamilan
Minum Probiotik Saat Hamil Dapat Mencegah Alergi pada Anak
Studi menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi probiotik dan suplemen minyak ikan, dikaitkan dengan pengurangan 22 persen risiko eksim pada anak-anak. (Foto: Eva Dang/Unsplash.com)

Jakarta: Mengonsumsi probiotik dan suplemen minyak ikan selama kehamilan dan menyusui dapat mengurangi risiko alergi makanan dan eksim pada anak sejak usia dini. Ini ditemukan dalam review dari ratusan penelitian, di mana mereka menemukan 19 uji coba secara acak.

Dalam temuan tersebut, bukti kuat menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi probiotik dan suplemen minyak ikan, dikaitkan dengan pengurangan 22 persen risiko eksim pada anak-anak.

Mereka juga menganalisis enam uji coba dengan bukti kuat bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 selama kehamilan dan menyusui, mengurangi risiko reaksi alergi pada anak terhadap telur yang merupakan alergi makanan paling umum, sebesar 31 persen.


(Studi menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi probiotik dan suplemen minyak ikan, dikaitkan dengan pengurangan 22 persen risiko eksim pada anak-anak. Foto: Jacob Postuma/Unsplash.com)

(Baca juga: Pentingnya Konsumsi Asam Folat Saat Merencanakan Kehamilan)

Minyak ikan telah dikenal memiliki efek anti peradangan. Inilah yang menjelaskan mengapa hal itu dapat mengurangi risiko alergi makanan. Tapi alasan kemungkinan efek probiotik pada risiko eksim tidak diketahui.

Selain itu, wanita yang mengonsumsi minyak ikan selama tiga bulan terakhir kehamilan, secara signifikan dapat menurunkan risiko anak-anak mengembangkan penyakit asma.

Menurut beberapa penelitian sebelumnya, minyak ikan dapat membantu mencegah asma karena peradangan di saluran udara dan paru-paru memainkan peran utama dalam asma. Asam lemak dalam minyak ikan dianggap dapat mencegah peradangan.





(TIN)