Lima Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 20 Jun 2018 16:36 WIB
kesehatantips & trik
Lima Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor
Berikut ini adalah beberapa gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di kantor. (Foto: Kevin Bhagat/Unsplash.com)

Jakarta: Tidak sedikit yang mengalami kenaikan berat badan usai libur Lebaran. Niat untuk menurunkan badan dengan olahraga sulit terwujud karena jatah cuti sudah habis.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga karena kembali melakukan rutinitas. Anda bisa melakukan olahraga ringan di kantor. Dilansir dari Health, berikut gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di kantor.

1. Standing back kick
Berdiri di belakang kursi dengan tangan Anda bertumpu di sandaran bangku, lalu letakkan kaki kanan Anda di kursi. Angkat kaki kanan Anda ke atas dan dengan lutut ditekuk, putar kaki ke ke kanan, kemudian lanjutkan dengan mengarahkan kaki ke sampaing kanan.

(Baca juga: Bahayakah Olahraga Sebelum Tidur Malam?)

2. Deep bend and side kick
Dengan tangan Anda masih di belakang kursi, jongkok serendah mungkin dan berdiri. Kemudian melangkah ke kiri sembari merentangkan kaki kiri Anda dalam tandangan menyamping.


(Tidak sedikit yang mengalami kenaikan berat badan usai libur Lebaran. Niat untuk menurunkan badan dengan olahraga sulit terwujud karena jatah cuti sudah habis. Namun dengan gerakan ringan ini Anda bisa melakukannya di kantor. Foto: Courtesy of Health)

3. Side and upside down kick
Berbaring menyamping di kursi dengan posisi tubuh sebelah kanan yang menempel di kursi. Tangan kanan Anda di lantai dan tangan kiri Anda memegang bagian belakang kursi. Kedua lutut harus ditekuk, Angkat kaki kiri Anda ke udara lalu rentangkan. 

4. Standing knee pull
Berdiri pada sisi kiri kursi, tangan kanan di atas kursi dan tangan kiri di sisi tempat duduk kursi. Angkat lutut kiri Anda hingga ke 90 derajat, menjaga lutut Anda tetap terketuk. Sekarang rentangkan kaki kiri Anda ke belakang Anda dan kembalikan ke posisi awal. 

5. Ballet stretch and plie
Masih dari belakang kursi, angkat kaki kanan Anda ke atas kursi. Lalu condongkan tubuh ke depan untuk menyentuh jari-jari kaki Anda dengan tangan kanan Anda.

Setelah itu turunkan kaki kanan Anda dan ambil posisi jongkok dengan kaki kanan dan kiri melebar ke samping dengan kedua tangan tetap memegang kursi untuk menahan tubuh ketika jongkok. Lakukan lagi hingga beberapa kali. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan 30 repetisi untuk setiap gerakan.





(TIN)