Tips Joging Bersama Hewan Peliharaan

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 02 Jun 2018 13:56 WIB
tips kesehatantips berolahraga
Tips Joging Bersama Hewan Peliharaan
Tips Joging Bersama Hewan Peliharaan (Foto: istock)

Jakarta: Tak sedikit orang yang rutin berolahraga dengan hewan peliharaan, seperti joging ditemani anjing. Selain menyehatkan, kegiatan tersebut juga menyenangkan.

Bagi Anda yang senang melakukan hal tersebut, perhatikan beberapa hal tersebut agar keselamatan hewan berbulu Anda tetap aman.

1. Tunggu sampai usia yang tepat
Anda tak bisa sesukanya mengajak anjing beraktivitas tanpa memerhatikan pertumbuhannya. Jika tulang anjing belum tumbuh maksimal, lari dengan durasi dan kecepatan tertentu dapat menyebabkan cedera.

Heather Loenser, petugas senior kedokteran hewan di American Animal Hospital Association, menyebutkan bahwa pemilik sebaiknya mengajak anjing berusia di bawah 9 bulan berlari tak lebih dari 1,5 kilometer.

Namun, usia anjing untuk bisa diajak berlari bervariasi.

“Anda benar-benar harus menunggu sampai pelat pertumbuhan anjing muda (daerah tulang rawan di dekat ujung tulang) sudah mulai menutup, dan rentang waktunya sangat bervariasi dengan jenis dan ukuran anjing,” kata ahli perilaku hewan Sharon Wirant pada Health.com.

2. Persiapan
Sama seperti manusia, anjing juga perlu peregangan sebelum lari. Anjing perlu waktu untuk membangun kekuatan dan daya tahan selama berlari.

"Pemanasan otot baik untuk Anda dan anjing Anda, mencegah cedera," ujar Wirant.

3. Perhatikan kondisi
Meskipun sudah terbiasa berlari, faktor usia tak bisa diabaikan. Anjing yang cukup tua cenderung mulai kesulitan dengan medan lari yang tak biasa.

"Anjing yang menggunakan tali saat diajak berlari biasanya dipaksa untuk bergerak pada kecepatan dan pola yang tak biasa. Sementara, jika tak diikat, mereka lebih bebas untuk memperlambat atau istirahat jika lelah," papar Chris Frye, asisten profesor klinis kedokteran olahraga dan rehabilitasi di Companion Animal Hospital of Cornell University.

Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan anjing dengan berlari di belakang atau di sampingnya agar tahu bagaimana kondisinya.

4. Perhatikan respons anjing
"Anjing Anda biasanya akan membatasi aktivitas mereka ketika mereka sudah cukup, tetapi terkadang mereka akan keluar dari zona nyaman mereka untuk mengikuti Anda," kata juru bicara untuk Asosiasi Kedokteran Hewan Amerika Michael San Filippo.

Jika terus dipaksakan, maka anjing bisa mengalami cedera. Oleh karena itu, perhatikan kondisi anjing saat berlari. Jika terjadi perubahan, sebaiknya istirahat sejenak.

 


(ELG)