Ini yang Terjadi pada Otak ketika Anda Berwisata ke Rumah Hantu

Raka Lestari    •    Selasa, 02 Oct 2018 11:13 WIB
tips kesehatan
Ini yang Terjadi pada Otak ketika Anda Berwisata ke Rumah Hantu
(Foto: Elite daily)

Jakarta: Wisata rumah hantu menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi sebagian besar orang. Saat-saat ketika adrenalin dipacu oleh rasa takut memberikan sensasi tersendiri.

Kondisi ini ternyata baik untuk kesehatan. Rasa takut memicu fight reaction yang sama dalam tubuh, yang biasanya berasal dari stres sehari-hari karena ditakut-takuti bukan hanya sensasi tetapi juga merupakan reaksi fisiologis. 

"Ketika Anda mengalami rasa takut yang luar biasa, baik itu secara nyata atau khayalan, mode 'bertarung' dalam tubuh akan langsung diaktifkan," jelas Robert Glatter, M.D., asisten profesor pengobatan darurat di Lenox Hill Hospital, Northwell Health seperti dilansir dari Reader's Digest. 

Rasa takut yang Anda hadapi ketika berjalan melewati rumah hantu memicu respons stres yang sama dengan yang dialami tubuh ketika dihadapkan dengan bahaya. 

"Saat Anda berjalan menyusuri koridor gelap atau mendengar suara aneh yang membuat Anda gelisah, Anda akan mengalami reaksi fisik seperti telapak tangan berkeringat, mulut kering, dan napas berat. Ini karena adrenalin dan hormon stres telah dilepaskan di tubuhmu," tambah Glatter.

"Di otak Anda, respons untuk melawan merangsang bagian dari otak yang mengontrol persepsi rasa sakit, yang kemudian memberi peringatan pada bagian dari otak yang memproses emosi," kata Glatter kepada Elite Daily.

Dengan kata lain, ketakutan saat berada di rumah hantu memicu tubuh melepaskan adrenalin ke otot yang melatih Anda untuk sigap menghindari bahaya," pungkas Glatter.

Lihat video:





(DEV)