Ini Alasan Kenapa Anda Harus Batasi Konsumsi Minuman Manis

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 06 Nov 2017 11:38 WIB
diet
Ini Alasan Kenapa Anda Harus Batasi Konsumsi Minuman Manis
(Foto: The Sun)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi anda yang suka mengonsumsi minuman manis, seperti soda, jus buah, dan minuman olahraga, mungkin harus mengubah kebiasaan tersebut. Sebab, sangat tidak baik buat kesehatan.

Sebuah riset menemukan, mengonsumsi minuman manis secara rutin berpengaruh terhadap kenaikan berat badan, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, dan risiko terkena penyakit jantung.

"Beberapa studi menemukan bahwa mengonsumsi sedikitnya dua porsi minuman gula-manis seminggu dikaitkan dengan peningkatan risiko sindrom metabolik, diabetes, penyakit jantung dan stroke," kata penulis senior studi Faadiel Essop, profesor di Universitas Stellenbosch di Afrika Selatan dikutip dari WebMD.

Dari beberapa dampak buruk di atas, berdasarkan pemantauan terhadap 36 penelitian dalam 10 tahun terakhir, sindrom metabolik menjadi ancaman yang memiliki presentase paling besar terhadap mereka yang gemar mengonsumsi minuman manis.

Essop mengatakan, memang tidak ditemukan dengan jelas hubungan sebab-akibat minuman manis dengan sindrom metabolik. Namun, kelebihan konsumsi minuman manis sangat berkaitan dengan berat badan, peradangan, kolesterol abnormal, dan tekanan darah tinggi.

Kekurangan riset yang tidak dapat menunjukan sebab-akibat minuman manis dengan sindrom metabolik itu pun sangat disayangkan. Meskipun begitu, Kepala Ilmiah Kedokteran dan Misi Petugas American Diabetes Association, Dr William Cefalu sependapat bahwa minuman manis tidak memberikan dampak yang baik terhadap tubuh.

"Minuman manis hanya memberikan kelebihan kalori dengan tidak ada manfaat nutrisi, dan kelebihan kalori melampaui apa yang biasanya dibutuhkan oleh tubuh pada akhirnya menambah berat badan," kata Cefalu.

Namun, Cefalu menyebutkan tak selalu minuman manis itu berbahaya bagi kesehatan. Bagi orang yang menderita kadar gula darah (insulin) rendah, maka minuman manis seperti jus atau soda bisa membantu mengatasinya dengan cukup baik.





(DEV)