8 Makanan Sehat Ini Bisa Sebabkan Efek Buruk Bila Tak Dikonsumsi dengan Benar

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 03 Oct 2017 12:46 WIB
kesehatan jantung
8 Makanan Sehat Ini Bisa Sebabkan Efek Buruk Bila Tak Dikonsumsi dengan Benar
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain aktivitas fisik dan stres, kesehatan jantung juga dipengaruhi makanan yang dikonsumsi. Ketiga hal ini bersifat krusial bagi organ tubuh tersebut.

Terdapat beberapa jenis makanan sehat yang memberi efek negatif pada jantung bila dikonsumsi dengan kurang tepat, apa sajakah itu?

1. Almond

Jenis kacang satu ini tak hanya mengandung kolesterol baik, tetapi juga dapat menghilangkan kolestrol yang memberi efek buruk pada tubuh. Pastikan Anda mengonsumsinya polos, tanpa tambahan gula atau coklat, sebanyak segenggam tangan tiap hari.

2. Nasi cokelat

Nasi cokelat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular karena memiliki kandungan antioksidan. Untuk hasil maksimal, sajikan sebanyak sepertiga mangkuk kecil untuk setiap makan besar.

3. Minyak saringan

Tak semua jenis minyak ini baik untuk jantung. Komposisi minyak berubah ketika disaring dan antioksidan didalamnya akan mencair. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa tersebut keadaan dingin.

4. Ikan

Minyak dalam ikan sangat bermanfaat bagi tubuh karena kandungan anti peradangan yang membuat jantung berkontraksi dengan baik. Namun, pastikan dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng dangkal. Penggorengan yang terlalu lama dan banyak minyak cenderung menggunakan suhu yang tinggi sehiangga membahakan jantung.

5. Daging merah dan ayam

Hindari makanan ini jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi atau batasi konsumsi makanan tinggi protein tersebut.

6. Sayuran

Sayuran memang baik untuk tubuh. Namun, hindari memasak sayur dengan cara digoreng, lebih baik direbus. Selain itu, kurangi asupan umbi-umbian seperti kentang atau ubi jalar karena terlalu banyak pati dapat menyebabkan penumpukan pada pembuluh darah.

7. Cokelat hitam

Banyaknya kandungan lemak trans dapat memengaruhi kondisi jntung. Usahakan tak terlalu banyak mengonsumsi cemilan satu ini, cukup satu batang per hari.

8. Buah-buahan

Buah-buahan mudah untuk dicerna. Beberapa jenis buah mengandung terlalu banyak gula yang dapat diubah menjadi trigliserida. Oleh karena itu, sebaiknya tak berlebihan dalam mengkonsumsi buah. Selain itu, asupan jus buah juga sebaiknya dibatasi karena dalam satu gelas bisa mengandung 3-4 buah.




(DEV)