Apakah Menurunkan Berat Badan Sekaligus Dapat Menghilangkan Selulit?

Raka Lestari    •    Selasa, 10 Oct 2017 13:27 WIB
kesehatan
Apakah Menurunkan Berat Badan Sekaligus Dapat Menghilangkan Selulit?
Melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang bisa menghilangkan lemak dan membentuk otot tubuh. (Foto: Brandon Pereira/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda kehilangan berat badan, Anda juga pasti mengharapkan kehilangan selulit dalam tubuh juga. Tapi sayangnya, hal tersebut jarang sekali terjadi. Mengapa bisa begitu? 

John Layke M.D., ahli bedah plastik bersertifikasi dan praktisi di Beverly Hills Plastic Surgery Group mengatakan bahwa selulit disebabkan oleh jaringan serat yang menempel di bagian bawah kulit, yang menyebabkan gumpalan-gumpalan. 



Selulit merupakan sesuatu yang umum, studi memperkirakan bahwa 80-90 persen wanita memiliki selulit. Tapi apa yang menyebabkannya berbeda-beda dari setiap orang, ujar Jennifer Caudle D.O., seorang dokter keluarga dan asisten profesor di Rowan University School of Osteopathic Medicine. 

(Baca juga: 7 Fakta Tentang Selulit)

Ia mengatakan seberapa banyak selulit pada seseorang tergantung dari beberapa faktor, termasuk faktor genetik, usia, ketebalan kulit, jenis kelamin, dan jumlah lemak pada tubuh. 

Caudle juga mengingatkan bahwa selulit bisa terjadi pada orang dari berbagai berat badan dan ukuran. 

Penurunan berat badan tidak secara otomatis menghilangkan selulit. Tapi Layke mengatakan dengan melakukan diet dan olahraga mungkin bisa membantu mengurangi selulit secara bertahap.

Ia merekomendasikan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang bisa menghilangkan lemak dan membentuk otot tubuh. 

Olahraga dengan intensitas yang sering bisa membuat lapisan lemak dibawah kulit mengalami penurunan ketebalan juga bisa meredakan ketegangan otot. 











(TIN)