3 Fakta Menarik tentang Kopi

Torie Natalova    •    Kamis, 12 Oct 2017 07:00 WIB
kesehatankopi
3 Fakta Menarik tentang Kopi
Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan kadar insulin dan membantu mengendalikan kadar gula darah. (Foto: Toa Heftiba/Unspash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kopi, minuman yang satu ini seakan tak akan pernah habis untuk dibahas. Kopi hitam memang sudah diketahui dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan Anda.

Ada beberapa hal yang mungkin tidak Anda ketahui dari secangkir kopi. Pertama, manfaat kesehatan kopi mulai dari ujung kepala hingga jantung Anda.

Anda mungkin pernah mengetahui kopi dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung berkembang. Tak hanya itu, satu cangkir kopi juga bisa membantu mencegah diabetes tipe 2. 

Ratusan senyawa dalam kopi seperti antioksidan, polifenol, vitamin dan mineral, merupakan senyawa yang membantu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular.



(Baca juga: Mengapa Kopi Bisa Memicu Buang Air Besar?)

1. Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan kadar insulin dan membantu mengendalikan kadar gula darah.

2. Aroma biji kopi dapat mengurangi efek kurang tidur dengan mengubah aktivitas gen di otak Anda. Penelitian dilakukan pada hewan percobaan dengan mencium aroma biji kopi berkafein, bukan yang tanpa kafein. Karena, proses menghilangkan kafein cenderung merusak lemak dan minyak pada biji kopi.

3. Hindari menyimpan kopi dalam bungkus terbuka di lemari es. Setiap kali Anda mengeluarkan kopi, sedikit bentuk kondensasi pada biji kopi, dan kopi akan kehilangan rasa lebih cepat terutama kopi bubuk. 

Sebaiknya, setelah dibuka, simpan kopi dalam wadah kedap udara pada suhu kamar, jauhi dari cahaya terang matahari dan panas.










(TIN)