Lima Manfaat Berolahraga di Malam Hari

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 04 Jan 2018 19:43 WIB
kesehatan
Lima Manfaat Berolahraga di Malam Hari
Berolahraga di malam hari sangat bagus untuk kesehatan mental karena akan mengurangi tekanan atau stres pada siang hari. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Salah satu topik yang paling diperdebatkan di dunia kesehatan dan kebugaran adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Sementara beberapa ahli mengatakan bahwa yang terbaik adalah berolahraga di pagi hari, dan pihak lainnya mengatakan bahwa malam adalah waktu terbaik untuk berolahraga.

Dalam faktanya, Anda bisa melakukan olahraga kapan pun sesuai dengan gaya hidup Anda. Dan berikut lima manfaat berolahraga di malam hari untuk Anda.

1. Sebagai pemecah stres
Studi telah menunjukkan bahwa berolahraga melepaskan endorfin di otak Anda yang merupakan hormon perasaan baik untuk tubuh Anda. Itu sebabnya berolahraga di malam hari sangat bagus untuk kesehatan mental karena akan mengurangi tekanan atau stres pada siang hari, sehingga memungkinkan Anda menikmati tidur nyenyak. Selain itu, rutinitas latihan malam hari juga dapat memperkuat kekuatan kemauan dan kemampuan Anda untuk bertahan menghadapi pasang surut hidup.

(Baca juga: Aturan Berolahraga pada Malam Hari)

2. Efektif
Berolahraga di malam hari membuat Anda tak perlu merasakan khawatir akan datang terlambat ke kantor atau sekolah, sebagaimana olahraga di pagi hari. Sehingga Anda bisa lebih menikmati waktu olahraga dan membuatnya lebih efektif.


(Berolahraga di malam hari sangat bagus untuk kesehatan mental karena akan mengurangi tekanan atau stres pada siang hari. Foto: Pixabay.com)

3. Tak perlu menunggu di gym
Kebanyakan tempat gym dan taman jogging aktif di pagi hari.  Sehingga dapat membatasi diri Anda saat ingin berolahraga, karena antrian dalam menggunakan alat-alat gym atau karena antrian kamar mandi saat Anda selesai brolahraga.

4. Tubuh lebih kuat
Seperti dilansir dari Boldsky.com, ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa otot dan sistem Anda lebih kuat pada malam hari dibandingkan dengan pagi hari, itulah sebabnya berolahraga pada malam hari dapat meningkatkan metabolisme Anda dan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat daripada berolahraga di pagi hari.

5. Lebih bersih
Seperti disebutkan di atas, orang lebih tergesa-gesa jika berolahraga di pagi hari. Jadi mereka lebih cenderung terburu-buru di kamar mandi, menggunakan kembali pakaian lama dan berkeringat, dan tidak menjaga kebersihannya. Tapi saat Anda berolahraga di malam hari, Anda tidak akan pernah mengulangi pakaian berkeringat dan akan memiliki waktu sebanyak yang Anda butuhkan untuk membersihkan diri.










(TIN)