Mantan Model Alami Efek Buruk Berkepanjangan Usai Mengonsumsi Suplemen Diet

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 04 Jan 2018 15:39 WIB
diet
Mantan Model Alami Efek Buruk Berkepanjangan Usai Mengonsumsi Suplemen Diet
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kontroversi suplemen diet memang tak berkesudahan. Seorang mantan model mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan obat tersebut pada tubuhnya memberikan dampak panjang.

Helen Hine, mantan model dan pecandu suplemen diet termogenik mengungkapkan bagaimana buruknya dampak pil yang dirasakan.

Sebelum menghilangkan kebiasaan tersebut sejak tiga tahun lalu, Helen yang berasal dari Somerset, mengungkapkan bahwa ia memiliki air liur dengan bercak darah. Kala itu, ia percaya itu adalah efek samping dari pil penurun berat badan.

Menurut Helen, suplemen tersebut menaikkan suhu tubuhnya, hal yang sama seperti ketika ia melakukan olahraga intens.

Meskipun bisa dijadikan solusi cepat, pil tersebut juga menyebabkan rasa cemas, lelah, dan pusing. Efek ini muncul akibat adanya kandungan kafein dan efedrin dalam suplemen diet.

Namun, kandungan alami tak selalu menjadi keamanan dari suplemen diet.

Karena pil cenderung meningkatkan detak jantung, Helen mengaku bahwa ia sering mendatangi rumah sakit hingga 10 kali karena detak jantung yang bisa mencapai 280 kali dalam satu menit, dimana normalnya 60 hingga 100 kali; dan satu kali karena batu ginjal.

Dan meskipun telah diperingatkan dokter berkali-kali, Helen tetap mengonsumsi suplemen, terutama karena dapat menurunkan berat badan hingga dua ukuran lebih kecil dalam waktu singkat.

Kini, setelah tiga tahun tak menggunakan, Helen menyadari bahwa kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah daripada yang dibayangkan.

"Saya masih meludah darah selama empat tahun, hingga saat ini," pungkasnya.

Menurutnya, itu adalah dampak dari peradangan pada dinding bagian dalam perut yang telah bermasalah. Ia telah mengunjungi beberapa doker, terutama ahli darah, namun tak mendapat diagnosis yang jelas.


(DEV)