Memelihara Anjing Bikin Anda Panjang Umur

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 19 Nov 2017 10:11 WIB
studi kesehatan
Memelihara Anjing Bikin Anda Panjang Umur
Memelihara anjing bikin Anda bahagia (Foto: Daily Express)

Jakarta: Sebuah penelitian yang dipromosikan dalam  Scientific Reports menemukan bahwa memiliki hewan peliharaan anjing membuat lebih panjang umur, terutama bagi mereka yang tinggal sendiri.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Uppsala University tersebut meninjau catatan nasional dari pria dan wanita di Swedia yang berusia 40-80 tahun. Mereka fokus pada 3,4 juta orang yang tak memiliki riwayat gangguan jantung pada 2001 dan mengikuti catatan kesehatan partisipan hingga 12 tahun kemudian, termasuk saat para partisipan melaporkan kapan mulai memelihara anjing. Pendaftaran kepemilikan anjing adalah wajib di Swedia, dan setiap kunjungan ke rumah sakit dicatat dalam database nasional.

Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang memiliki anjing berisiko lebih kecil mengalami kematian karena penyakit jantung atau sebab lain, dibandingkan dengan mereka yang tak memiliki anjing. Beberapa faktor lain seperti merokok, indeks massa tubuh, dan status ekonomi sosial juga diperhitungkan.

Efek perlindungan sangat terlihat pada mereka yang tinggal sendiri, yang berisiko lebih tinggi mengalami kematian dini dibandingkan mereka yang tinggal bersama. Orang yang tinggal sendiri dan memelihara anjing memiliki penurunan risiko kematian sebanyak 33 persen dan 11 persen untuk penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tinggal sendiri tanpa hewan peliharaan.

Studi yang menggunakan sampel seratus kali lebih banyak dibandingkan studi lain tersebut mengungkapkan bahwa kepemilikan hewan peliharaan membuat orang-orang menjadi lebih aktif dan lebih sehat.

"Saya telah melihat banyak orang yang yakin bahwa hewan peliharaan mereka memiliki peran instrumental bagi mereka, sebagai pendukung sosial," ujar peneliti Tove Fall yang merupakan dokter hewan, dilansir dari Time.

Ia menambahkan, banyak orang yang ditemuinya di taman juga memiliki anjing.

Beberapa faktor pendukung adalah efek anjing pada mikrobioma pemiliki. Banyak studi menunjukkan bahwa tumbuh besar dengan anjing dalam rumah dapat menurunkan alergi dan asma pada anak. Studi lain menyebutkan bahwa pemilik anjing memiliki reaktivitas lebih rendah terhadap stres dan lebih cepat pulih dari tekanan darah tinggi akibat stres.

Fall tak bisa mengungkapkan bahwa ia tak bisa memastikan bahwa memelihara anjing membuat seseorang lebih panjang umur, tetapi ia percaya bahwa ini adalah ide yang baik.

"Saya rasa anjing membawa kesenangan dan persahabatan. Jadi jika Anda merasa mampu mengurusnya, sebaiknya Anda memeliharanya."




(DEV)