Dapatkan Tubuh Langsing dengan Konsumsi 5 Makanan Berkalori Tinggi Ini

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 22 Nov 2017 15:31 WIB
tips kesehatan
Dapatkan Tubuh Langsing dengan Konsumsi 5 Makanan Berkalori Tinggi Ini
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Makanan berkalori tinggi tak melulu membuat berat badan meroket. Mengonsumsi makanan berkalori tinggi secara benar, justru menjaga perut tetap kenyang.

Banyak ahli gizi merekomendasikan penambahan makanan berkalori tinggi tertentu yang bernutrisi. Antara lain protein, serat, dan lemak yang membantu membuat tubuh langsing, seperti di bawah ini:

1. Kuning telur

Kuning telur mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B, K2, dan kolin. Tak hanya membantu memaksimalkan metabolisme tubuh, namun juga membantu menurunkan berat badan.

Dalam Jurnal Nutrition Research disebutkan, orang yang makan telur bisa menahan lapar selama tiga jam dan mengonsumsi kalori setelah 24 jam.

2. Cokelat hitam

Sebuah studi Loisuana State University mengungkapkan bahwa mikroba usus manusia memfermentasi cokelat dan meningkatkan produksi senyawa tubuh yang disebut butirat.

Butirat merupakan asam lemak yang mendorong tubuh membakar lemak untuk mengendalikan peradangan. Pastikan Anda mengonsumsi cokelat dengan kandungan kakao 70 persen atau lebih.

3. Pisang

Pisang sarat akan potasium dan membantu mencegah retensi air dalam tubuh, yang bisa mengurangi kembung dan pembengkakan (termasuk perut). Kandungan vitamin B dan kolin juga mencegah tubuh menyimpan lemak dalam perut.

Pisang juga mempercepat gen pembakaran lemak di tubuh, membantu melancarkan pencernaan, membuat kenyang lebih lama serta membantu menangkal keinginan mengonsumsi junk food.

4. Susu berlemak dan minyak samin (ghee)

Penelitian baru menunjukkan bahwa orang mengonsumsi susu berlemak tinggi memiliki risiko obesitas lebih sedikit daripada susu rendah lemak.
 
Salah satu alasan utamanya adalah asam lemak yang disebut asam linoleat terkonjugasi (CLA) yang ditemukan dalam minyak samin. CLA membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang agak lama.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa punya khasiat mencerna makanan dan menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Sebuah studi dari Jurnal Lipids mengungkapkan bahwa minyak kelapa mengurangi obesitas perut saat dikonsumsi sebagai suplemen.


(TRK)