Hubungan Akupunktur dengan Penurunan Berat Badan

Raka Lestari    •    Senin, 20 Nov 2017 15:14 WIB
Hubungan Akupunktur dengan Penurunan Berat Badan
Dengan akupunktur, jarum bekerja untuk melepaskan ketegangan pada otot Anda dengan melepaskan endorphin yang membantu membuat Anda berada dalam keadaan yang lebih tenang. (Foto: Eli DeFaria/Unsplash.com)

Jakarta: Akupunktur merupakan salah satu pengobatan alternatif. Pengobatan tradisional asal China ini telah berumur ribuan tahun dan didasarkan pada penargetan titik pemicu tertentu di tubuh Anda dengan menggunakan jarum kecil dan tipis. 

Penelitian menemukan bahwa akupunktur dapat membantu meringankan beberapa masalah kesehatan, seperti sakit punggung, cedera olahraga, atau bahkan gangguan kecemasan.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak rumor yang mengatakan bahwa melakukan akupunktur dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal, peneliti Korea secara acak memberikan 91 orang yang mengalami kelebihan berat badan pengobatan akupunktur di lima titik akupunktur telinga, satu titik akupunktur telinga, atau yang tidak menerima akupuntur.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang menerima akupunktur terlihat bahwa indeks massa tubuh mereka (BMI) menurun sekitar 6 persen setelah delapan minggu.


(Dalam beberapa tahun terakhir, banyak rumor yang mengatakan bahwa melakukan akupunktur dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Foto: Courtesy of Healthline.com)

(Baca juga: Akupunktur Bantu Hilangkan Gejala Hot Flashes Saat Menopause)

Tapi apakah benar hanya dengan menempelkan beberapa jarum pada tubuh Anda dapat mengurangi berat badan Anda?

"Hubungan antara akupunktur dan penurunan berat badan tidak terjadi secara langsung," ujar Tim Rhudy, M.S., L.Ac., seorang ahli akupunktur di Delmar Wellness Center di New York, Amerika Serikat.

Saat Anda merasa stres, sistem saraf otonom Anda memberi Anda ledakan adrenalin dan membanjiri tubuh Anda dengan hormon kortisol. Hal ini meningkatkan nafsu makan Anda yang berpotensi menyebabkan Anda makan berlebih. 

Dengan akupunktur, jarum bekerja untuk melepaskan ketegangan pada otot Anda dengan melepaskan endorphin yang membantu membuat Anda berada dalam keadaan yang lebih tenang. Menghilangkan perasaan stres ini dapat membantu menenangkan nafsu makan Anda.

"Akupunktur ibarat tombol reset untuk sistem saraf otonom," kata Rhudy. Namun Rhudy menunjukkan bahwa efek pengurangan stres ini tidak langsung dihubungkan ke penurunan berat badan. "Jika Anda tidak ingin diet atau olahraga, seluruh akupunktur di dunia pun tidak akan membuat Anda menurunkan berat badan," kata Rhudy.







(TIN)