Bawang Putih dan Apel Bantu Jaga Keremajaan Kulit

Torie Natalova    •    Selasa, 31 Oct 2017 16:00 WIB
tips kesehatan
Bawang Putih dan Apel Bantu Jaga Keremajaan Kulit
(Foto: Bakeconomy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seringkali, wanita menghabiskan banyak biaya untuk merawat kecantikan dan menghindari penuaan terutama di kulit wajah mereka. Sebenarnya, ada cara mudah dan alami yang dapat dilakukan untuk mengurangi penuaan seiring bertambahnya usia.

Menurut ahli gizi Australia Melanie McGrice, makanan tertentu dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menjaga kulit, rambut dan kuku agar terlihat lebih sehat dan bercahaya.

Melanie mengatakan, diet atau pola makan kita secara signifikan memengaruhi kulit kita dan seberapa cepat kita menua, baik di dalam maupun di luar.

Jadi, makanan apa saja yang sebaiknya rutin Anda konsumsi?

1. Ubi

Ubi sangat mudah didapatkan di Indonesia. Ubi madu yang merupakan sumber vitamin A dapat mencegah kulit menjadi kasar dan kering.

2. Bawang putih

Menambah bawang putih ke makanan dapat meningkatkan aliran darah dan membuat kulit bercahaya seperti yang didapat ketika Anda rajin berolahraga. Bawang putih juga mengandung antioksidan allicin yang membantu melindungi kulit terhadap radikal bebas seperti polusi dan kerusakan asap.

3. Bayam

Sayuran berdaun hijau tua ini kaya akan vitamin A dan C yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit.

4. Ikan berminyak

Makan ikan yang mengandung lemak sehat seperti salmon setidaknya dikonsumsi satu kali dalam seminggu. Ini adalah salah satu sumber omega-3 terkaya dan membantu menjaga otak juga jantung Anda, membuat kulit tetap segar dan membuat rambut bercahaya.

5. Kale

Kale dikemas penuh dengan karotenoid yang diyakini dapat mencegah degradasi kolagen terkait usia. Selain mengonsumsi makanan sehat ini secara teratur, Melanie merekomendasikan untuk mengurangi gula dan alkohol. Ganti alkohol yang bersifat diuretik dan mengeringkan kulit Anda dengan perbanyak minum air putih.

Melanie juga menyarankan untuk mengonsumsi apel sebagai camilan atau makanan ringan karena apel dapat meningkatkan produksi kolagen.




(DEV)