Bahaya jika Terlalu Berambisi untuk Hidup Sehat

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 10 Jan 2018 18:21 WIB
studi kesehatan
Bahaya jika Terlalu Berambisi untuk Hidup Sehat
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Memiliki keinginan untuk berolahraga menjadi salah satu langkah awal yang baik untuk hidup sehat. Namun, seringkali keinginan tersebut hanya sekadar wacana dan tidak terealisasi dengan baik.

Hal itu menjadi salah satu penyebab stres di zaman modern ini.

Sebuah penelitian menemukan, terlalu berambisi untuk hidup sehat dapat meningkatkan risiko kematian hingga 70 persen dalam dua dekade ke depan.

"Ini adalah tahun di mana orang mulai ketakutan karena tidak olahraga," ujar Dr Robin Bailey sebagai psikoterapis perilaku dari University of Central Lancashire dilansir dari Independent.

"Mereka cemas bila tertalu banyak makan selama Natal dan bagaimana ingin terlihat saat tahun baru," sambungnya.

Stres semacam ini dapat memberikan efek negatif pada tubuh dan semakin memicu melakukan kebiasaan tak sehat seperti merokok, konsumsi minuman keras, atau tidak berolahraga karena sangat mencemaskan hal tersebut.

Ia juga mengimbau untuk tidak membandingkan intensitas aktivitas fisik antara diri sendiri dan orang lain.

Tahun lalu, sebuah studi dari Stanford University memeriksa lebih dari 60 ribu orang dan menemukan bahwa orang yang merasa dirinya kurang aktif bergerak 71 persen lebih cepat meninggal dalam 21 tahun ke depan dibandingkan mereka yang yakin diri mereka aktif.

Studi kedua yang dilakukan oleh Harvard University pada 2007 menunjukkan bahwa pekerja hotel yang diberitahu bahwa bersih-bersih sama dengan olahraga ternyata mengalami penurunan berat badan.

Para peneliti menemukan bahwa pekerja tersebut memiliki tekanan darah dan lemak tubuh lebih kecil jika mereka percaya diri mereka aktif, terlepas dari seberapa banyak aktivitas yang mereka lakukan.

Lihat video:




(DEV)