Lakukan Ini agar Olahraga Memberikan Hasil Maksimal

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 11 Jan 2018 12:29 WIB
tips berolahraga
Lakukan Ini agar Olahraga Memberikan Hasil Maksimal
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak orang mempertanyakan, perlu olahraga berapa lama untuk bisa mecapai target tubuh yang diinginkan?

Ahli fisiologi olahraga Chris Jordan mengungkapkan bahwa olahraga harus menjadi kebiasaan reguler untuk bisa memberikan hasil nyata.

Dalam video Jordan yang viral, berjudul Johnson & Johnson Official Seven Minute Workout, bentuk olahraga yang dilakukan disebut dengan pelatihan interval. Olahraga tersebut didesain untuk mengeluarkan tenaga seperti bersepeda dan latihan kardio dalam waktu beberapa menit. Namun diperlukan komitmen kuat untuk melakukannya secara teratur.

Menurut Jordan, setidaknya latihan tersebut dilakukan tiga hingga lima kali dalam satu minggu.

Pandangan Jordan tersebut diperkuat oleh sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Circulation American Heart Association yang menemukan bahwa kesehatan jantung dapat diperoleh secara maksimal ketika partisipan berolahraga empat hingga lima kali seminggu.

Studi tersebut membagi 53 orang dewasa menjadi dua kelompok, dimana salah satunya sudah melakukan olahraga yang diawasi rutin empat hingga lima kali per minggu selama dua tahun dan kelompok lain melakukan olahraga ringan yoga yang keseimbangan.

Pada akhir studi, mereka yang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi menunjukkan peningkatan lebih baik terkait performa jantung.

"Kami menemukan bahwa ada dosis optimal untuk melakukan olahraga tertentu," ujar pemimpin studi Benjamin Levine, peneliti dari University of Texas Southwestern.

Saran itu tetap berlaku untuk Anda yang memiliki target tubuh ramping dan otot kencang, hingga sesuatu yang sifatnya psikologis seperti suasana hati yang lebih baik dan tingkat energi yang lebih tinggi.

Baik Jordan maupun Levine merekomendasikan cardio interspersing seperti berlari di atas treadmill, mengendarai sepeda, atau melakukan latihan interval intensitas tinggi; dengan latihan ketahanan seperti plank, squat, atau menaikkan kaki.

"Untuk mencapai target, konsistensi adalah kuncinya," tukas Jordan.




(DEV)