Studi: 60 Persen Wanita Hamil Rentan Risiko Insomnia

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 31 Jan 2018 08:20 WIB
kehamilanstudi kesehatan
Studi: 60 Persen Wanita Hamil Rentan Risiko Insomnia
Insomnia dapat memengaruhi kualitas hidup wanita hamil, yang juga berisiko pada darah tinggi, diabetes, depresi, kelahiran prematur. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Sebuah studi mengungkapkan bahwa wanita hamil menderita insomnia pada trimester pertama kehamilan, yang kemudian meningkat pada dua trimester selanjutnya. 

Hal ini juga diperkuat dengan hasil riset di Spanyol yang mengungkapkan bahwa 64 persen wanita hamil akan menderita insomnia pada trimester tiga kehamilan. 

Penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Obstetrics & Gynecology and Reproductive Biology ini melibatkan 486 wanita yang hamil sehat dan dipantau sepanjang tiga trimester.

Menurut salah satu peneliti dalam riset tersebut, hasil penelitian menunjukkan angka yang sangat tinggi dan memerlukan pendekatan sistematis. 


(Insomnia dapat memengaruhi kualitas hidup wanita hamil, yang juga berisiko pada darah tinggi, diabetes, depresi, kelahiran prematur. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Fakta Mengejutkan Tentang Kehamilan)

"Meskipun sudah diketahui bahwa masalah tidur yang ada sebelumnya memburuk dan masalah baru sering muncul selama kehamilan, ada kecenderungan untuk mengasumsikan bahwa kesulitan tidur adalah fenomena karakteristika kehamilan dan mereka harus bertahan," kata Maria dek Carmen Amezcua Prieto dari Universitas Granada.

Tapi di sisi lain, insomnia juga menimbulkan berbagai masalah. Hal ini akan memengaruhi kualitas hidup wanita hamil, yang juga berisiko pada darah tinggi, diabetes, depresi, kelahiran prematur dan operasi caesar yang tak direncanakan. Akibatnya, masalah tersebut harus ditangani secara sistematis. 

Selain itu, studi yang mengaitkan dengan pola tidur ini juga mengungkapkan faktor lain, seperti obesitas, apakah wanita tersebut sudah memiliki anak atau tidak. Temuan juga menunjukkan bahwa olahraga selama hamil dapat melindungi wanita dari insomnia.









(TIN)