Ini Sebab Bau Mulut Saat Bangun Tidur

Torie Natalova    •    Kamis, 23 Nov 2017 11:59 WIB
Ini Sebab Bau Mulut Saat Bangun Tidur
Meski normal, bukan berarti bau mulut tak bisa memburuk. Karenanya, jangan malas menggosok gigi sebelum tidur. (Foto: Felipe P. Lima Rizo/Unsplash.com)

Jakarta: Ketika bangun tidur, Anda mungkin sering merasakan atau mencium bau tak sedap dari mulut Anda. Air minum di samping tempat tidur bisa menjadi penyelamat untuk meredakan aroma tak sedap dari mulut di pagi hari.

Mengapa bau mulut sangat tajam di pagi hari? Ternyata, itu semua berkaitan dengan berapa banyak air liur yang Anda hasilkan dalam semalam.

Ahli kesehatan mulut menjelaskan bahwa air liur berfungsi untuk membersihkan bakteri di mulut yang dapat menyebabkan bau. Kurangnya air liur yang dihasilkan biasanya karena mulut kering, semakin banyak bakteri bau yang bisa tumbuh. Ini berarti bau napas kita jadi lebih tak sedap.


(Mengapa bau mulut sangat tajam di pagi hari? Ternyata, itu semua berkaitan dengan berapa banyak air liur yang Anda hasilkan dalam semalam. Foto: Maeghan Smulders/Unsplash.com)

(Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Bau Nafas Tak Sedap)

Pakar juga mengatakan mendengkur dan bernapas melalui mulut saat tidur adalah penyebab lain mulut menjadi kering. Tetapi, tak perlu khawatir karena bau mulut di pagi hari benar-benar normal. 

Meski normal, bukan berarti bau mulut tak bisa memburuk. Karenanya, jangan malas menggosok gigi sebelum tidur karena partikel sisa makanan akan mendorong pertumbuhan bakteri.








(TIN)